Globalisasi Lunturkan Nilai Kebangsaan

seminar smkn 1 puring

PURING – Pengaruh globalisasi berpotensi mengancam eksistensi kepribadian bangsa, terutama generasi muda. Pengaruh negatif budaya asing telah membuat nilai kebangsaan menjadi luntur sehingga banyak warga negara kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR, Amelia Anggraini, saat sosialisasi nilainilai kebangsaan di SMK 1 Puring, Kebumen, baru-baru ini. Sosialisasi yang diikuti ratusan siswa SMK tersebut juga menghadirkan narasumber staf ahli DPR, Hasbulloh.

Hadir sejumlah anggota DPRD Kebumen dari Fraksi Partai Nasdem serta undangan lainnya. ”Ini menjadi ancaman serius bagi kelangsungan NKRI, karena generasi adalah penerus masa depan bangsa, baik pelanjut tongkat estafet kepemimpinan maupun pembangunan negara,” ujar Amelia Anggraini.

Anggota legislatif yang mewakili Dapil Jateng VII meliputi Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga tersebut, mengaku miris dengan anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan.

Tawuran pelajar, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan narkoba pun masih tetap marak di kalangan generasi muda. Sikap toleransi dan semangat gotong-royong juga makin terkikis.

”Kunci jawaban dari persoalan tersebut terletak pada Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara. Pancasila menjadi filter masuknya pengaruh negatif budaya asing yang dapat merusak moral bangsa dan eksistensi bangsa Indonesia,” katanya.

Tanpa Makna

Amel, sapaan akrabnya, menyayangkan adanya fenomena yang membuat Pancasila seolah tanpa makna dan hanya semacam mantra dan simbol belaka. Padahal tanpa adanya Pancasila tak ada negara Indonesia.

Karena itulah, Amelia menekankan pentingnya mengajarkan kembali nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada pelajar, mahasiswa, dan pemuda Selain sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, Amelia sebelumnya melakukan pertemuan dengan para bidan honorer Kebumen di Meotel Hotel.

Kehadiran Amelia untuk menyosialisasikan kebijakan pengangkatan bidan honorer mulai tahun 2016. Amelia juga hadir dalam sosialisasi kesehatan tentang produk kosmetik yang digelar BPOM di Grafika Hotel. (J19-78/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s