Kerajinan Batu Alam dari Karangmaja Karanggayam

Kerajinan Batu Karangmojo

KARANGGAYAM – Kerajinan batu hasil pengrajin batu Kebumen berhasil tembus Kalimantan. Inilah kerajinan hasil karya Anto (55) warga Desa Karangmojo, Kecamatan Karanggayam.

Dari hasil tangan kreatifnya berbagai batu seperti batu blacked, nefrit, serpentin, badar besi petir hingga batu pancawarna berhasil ia sulap menjadi meja, kursi ataupun sekedar hiasan pemanis ruang tamu.

Selama ini ia mendapatkan bahan baku bukan hanya dari Kebumen tetapi juga dari Purbalingga, Banjarnegara serta kabupaten sekitar Kebumen lainnya.

Ia memulai usahanya sejak 1999. Dengan belajar secara otodidak atau belajar sendiri ia bisa mengerjakan 1 buah kerajinan selama 1 hingga 2 minggu.

Untuk 1 buah kerajinan yang ia buat dihargai Rp 8-25 juta. Harga tersebut tergantung kerumitan, ukuran produk hingga lokasi pemesanan. Semakin jauh pemesan maka akan semakin mahal, namun hal tersebut tidak berlaku bila pemesan mengambil sendiri produknya ke Karanggayam.

“Pemesan itu mintanya yang bagaimana, kalau minta dibikin untuk hiasan di dalam rumah itu semacam poles, untuk meja-meja. Kalau soal harga untuk meja taman sampai Rp 25 juta, kalau meja teras 1 set dengan 3 kursi kalau tidak diantar ke pemesan sekitar Rp8-10 Juta,” kata Anto.

Ia mengaku biasa melayani pemesan yang biasa datang dari Cilacap, Yogyakarta, Purbalingga hingga Kalimantan. Bapak dua anak tersebut menambahkan selama ini sudah ada pemesan dari luar negeri seperti Taiwan dan Korea namun karena berbagai ketebatasan, ia belum bisa memenuhi order dari luar negeri tersebut.

Dalam bekerja, bapak yang berasal dari Purwokerto ini dibantu oleh seorang asisten. Menurutnya ada berbagai keterbatasan dalam menjalani usahanya ini, diantaranya keterbatasan peralatan yang masih manual hingga keterbatasan modal.

Sumber: RATIH TV
Editor: Lintas Kebumen

Leave a comment