17 Kecamatan di Kebumen Rawan Pergerakan Tanah Bulan Januari

Potensi Gerakan Tanah Kebumen Januari 2020
Potensi Gerakan Tanah Kebumen Januari 2020

KEBUMEN – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat sebanyak 17 kecamatan di Kabupaten Kebumen rawan terjadi gerakan tanah, mulai dari tingkat menengah hingga tinggi pada bulan Januari 2020 ini.

Kecamatan yang memiliki potensi pergerakan tanah menengah hingga tinggi yaitu Alian, Ayah bagian timur dan selatan, Sadang, Buayan bagian barat, Karanggayam, Karanganyar bagian utara, Karangsambung, sebagain kecil Kebumen bagian utara dan timur.

Kemudian sebagian kecil Kutowinangun bagian barat laut, Padureso, Pejagoan bagian barat dan utara, Poncowarno bagian utara, Rowokele bagian utara dan selatan, Sempor, Sruweng bagian utara serta Buluspesantren. Di Buluspesantren, daerah potensi gerakan tanah berada di bagian sekitar bantaran Sungai Lukulo.

Sedangkan kecamatan memiliki potensi pergerakan tanah menengah yaitu sebagian kecil Gombong bagian Utara.

Sementara itu curah hujan di Kebumen sejak awal Januari mulai meningkat. Kondisi ini diprediksi akan berlanjut hingga bulan Maret. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, curah hujan di Kebumen bulan ini masuk kriteria menengah hingga tinggi (200-401 mm).

Wilayah dengan curah hujan menengah (200-301 mm) berada di sebagian besar Kebumen terutama bagian selatan. Curah hujan tinggi 300-401 mm  umumnya berada di sepanjang perbukitan utara. Hanya sebagain kecil wilayah timur Sadang yang memiliki curah hujan lebih dari 401 mm.

Namun demikian warga Kebumen tetap diminta mewaspadai potensi bencana hidrometerologi terutama Banjir dan Tanah Longsor.

“Bencana bisa datang kepada kita semua tanpa diperkirakan sebelumnya. Kepada seluruh warga masyarkat Kebumen untuk diantisipasi bersama,” ungkap Bupati saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2020 di Mapolres Kebumen. (adm/LK)

Leave a comment