Menilik Curug Leses di Kaki Bukit Durenrenteng

Curug Leses

AYAH – Kekayaan alam Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) sungguh luar biasa. Di bagian pesisir dihiasi deretan pantai pantai yang ekstotis seperti Pantai Karangagung, Pantai Menganti, Pantai Pecaron dan lainnya. Sedangakan didataran tingginya tersimpan sejumlah air terjun, goa dan telaga. Salah satunya adalah Air terjun Leses.

Air terjun Leses merupakan sebuah air terjun yang ada di Dusun Karanggondang Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Air terjun Leses terdiri dari dua aliran air yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 8 meter. Aliran air keluar dari semak dan pepohonan kemudian jatuh membentuk sebuah kolam. Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 1 meter sehingga cocok untuk berenang.

Air terjun Leses berada dibawah Bukit Durenrenteng (234 m/dpl) sehingga suasana asri dan alami menjadi pemandangan yang didapatkan ketika sampai ditempat ini. Air terjun ini biasa dikunjungi oleh para pecinta alam dan penggiat wisata Kebumen. Tak heran hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya.

Namun bagi anak anak desa setempat, kolam Air terjun Leses bisa digunakan untuk berenang dan bermain air selepas pulang sekolah. Jika musim penghujan tiba debit air akan melimpah dengan air yang berwarna keputihan. Namun saat musim kemarau debit air akan menyusut drastis. Jadi jika ingin menikmati air terjun Leses baiknya datang saat musim penghujan.

Untuk menuju ke air terjun ini anda harus mengambil rute menuju Pantai Ayah dari arah utara (Ijo). Sebelum pintu masuk Goa Petruk anda akan menemui pertigaan Teba. Jika ke kanan menuju Goa Petruk dan Pantai Ayah, anda harus lurus saja menuju arah Desa Tlogosari. Karena bukan tempat wisata sebaiknya gemar bertanya kepada warga dimana lokasi air terjun Leses berada. Koordinat/ Google Map: http://goo.gl/maps/vjyso (LintasKebumen©2015)

Rute

Rute: Jika dari arah Jalan Raya Nasional / Rowokele / Ijo /Tambak ambilah rute menuju Goa Jatijajar/ Goa Petruk / Pantai Logending. Jika anda sudah melewati pertigaan menuju Goa Petruk yang ke arah arah kiri, anda sebaiknya lurus saja ke arah Pantai Logending / Goa Petruk. Setelah itu anda akan menemui pertigaan yang sering disebut Pertigaan Tepa di desa Candirenggo. Nah, disini anda harus lurus, bukan ke kanan atau ke Pantai Logending/ Goa Petruk. Setelah ambil jalan lurus anda akan melewati SDN 2 Candirenggo, lurus saja karena sudah tidak jauh dari sekolah tersebut. Karena tak ada petunjuk jalan mulailah anda bertanya ke warga sekitar. Setelah menemui Curug Gemawang lanjutkan ‘mendaki’ ke Curug Leses. Itulah kiranya untuk rute, jika salah mohon dikoreksi melalui komentar.