Sapi Seberat 750 Kg Juarai Kontes Sapi PO di Petanahan

Sapi PO
Ilustrasi (Sumber: Antaranews.com)

PETANAHAN – Sapi berumur dua tahu dengan berat 750 Kg juarai kontes sapi ternak PO (Peranakan Ongole)  kategori pejantan tingkat kecamatan pembibitan meliputi Kecamatan Petanahan, Klirong dan Puring. Sapi milik Rojimin warga Desa Jogosimo Kecamatan Klirong tersebut sebelumnya juga merupakan juara dua kontes Sapi PO tingkat provinsi.

Kontes sapi yang dilaksanakan di Desa Karangrejo Kecamatan Petanahan ini dikuti 95 kontestan. Dimana setelah dilakukan visitasi terjaring 35 unggulan untuk tujuh kategori yaitu pejantan, indukan, calon pejantan, calon indukan, pedet jantan, pedet betina dan pedet lepas sapih.

Dari 35 unggulan tersebut dinilai kembali untuk kemudian diambil juara. Para pemenenag selain mendapatkan trophy juga mendapatkan uang pembinaan. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Ir Puji Rahayu, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi peternak agar lebih serius, sekaligus menjaring ternak yang bagus.

Diharapkan melalui kegiatan ini juga akan terjadi saling komunikasi antar petani ternak tentang bagaimana cara memelihara sapi yang baik sehingga memunculkan bibit yang berkualitas.

“Sapi PO banyak di wilayah lain, tetapi Sapi PO Kebumen mempunyai keunggulan luar biasa. Terbukti bahwa ada yang baru calon pejantan yang baru berumur 2 tahun saja beratnya sudah mencapai 750 kg,” kata Puji Rahayu sekaligus berpesan kepada petani ternak agar tidak menjual ternak mereka yang memiliki penilaian baik ke luar Kebumen agar tak kehilangan Sapi PO yang baik. (adm/RatihTV)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s