Tinggi Gelombang Perairan Selatan Kebumen Kembali Meningkat

gelombang1

KEBUMEN – Gelombang perairan selatan Kebumen kembali meningkat setelah sempat mengalami penurunan selama dua hari lalu. Tinggi gelombang diprediksi meningkat hingga 5 meter mulai hari ini, Senin (23/7).  Peringatan dini pun dikeluarkan oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap.

“Tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan DIY. Sedangkan 4-6 meter di Samudera Hindia. ” rilis prakirawan Adnan Dendy Mardika, Senin (23/7).

Cuaca umumnya cerah berawan. Angin bertiup dari arah timur laut dan tenggara dengan kecepatan antara 4-20 knot. Nelayan tradisional diimbau waspada saat melaut karena tinggi gelombang 4 meter sangat berbahaya bagi perahu kecil. Selain itu wisatawan dilarang mandi di pantai karena gelombang tinggi dapat datang sewaktu-waktu.

Sementara itu Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko mengatakan adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 37 Km/jam yang menyebabkan gelombang tinggi masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. Puncaknya gelombang tinggi terjadi pada tanggal 24-25 Juli 2018 terutama tinggi gelombang di selatan perairan barat Sumatera hingga selatan Jawa yang mencapai 4-6 meter.

Sebelumnya gelombang tinggi 4-7 meter yang bersamaan dengan gelombang pasang memporakporandakan pesisir selatan Kebumen pada 18-19 Juli 2018. Kerusakan terparah di wilayah Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong dan Pantai Pasir. Sebanyak 57 warung di Pantai Suwuk rusak dan 13 perahu nelayan di Pantai Pasir rusak. (adm/lintaskebumen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s