Bukit Dewa di Desa Wonoharjo Tawarkan Keindahan Alam Pegunungan

ROWOKELE – Desa Wonoharjo, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen merupakan salah satu desa yang wilayanya terletak di pegunungan. Kini pemuda-pemudinya tengah merintis sebuah objek wisata (obwis) alam di desanya. Obwis tersebut berada di Dusun Lemungsur yaitu berupa bukit yang dinamai Bukit Dewa.

Lokasinya berada di punggungan pegunungan Mahameru pada ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan air laut. Tak heran Bukit Dewa dinilai memiliki panorama alam yang indah serta masih alami. Terlebih area nya merupakan hutan pinus. Tak hanya itu udaranya pun sejuk.

Dari obwis tertinggi di Kebumen ini pemandangan sangat indah karena hutan pinus yang rapat menghiasi lereng-lereng dan lembah pegunungan. Gunung Mahameru di seberang bukit pun gagah menyambut mata wisatawan. Pagi hari akan lebih indah karena terdapat kabut-kabutnya. Bukit Dewa juga cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Sedangkan pemandangan ke arah selatan berupa bukit-bukit kecil, dataran rendah Gombong, perbukitan karst gombong selatan bahkan garis pantai selatan yang juga samar tertihat. Sebagai fasilitas pendukung pengelola membangun jalan setapak dan anak-anak tangga untuk memudahkan naik ke puncak.

Beberapa gazebo tradisional didirikan untuk beristirahat wisatawan disepanjang jalan menuju puncak karena untuk menuju puncak Bukit Dewa cukup menantang dan menguras tenaga.

Untuk itu dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sahabat Wonoharjo untuk mewadahi pemuda-pemudi dalam merintis objek wisata ini sekaligus membangun desanya. Mulai dirintis sejak awal 2018,  saat ini masih dalam tahap pembangunan dan peremajaan.

Objek wisata Bukit Dewa berjarak sekitar 6 Km dari jalan nasional wilayah Rowokele/ Ijo atau 13 Km dari Gombong. Wisatawan disarankan menggunakan kendaraan roda dua serta dalam kondisi prima karena kontur perjalanan akan menanjak. (adm/lintaskebumen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s