Berburu Matahari Terbenam di Bukit Sianco Kebumen

Bukit Sianco

Sumber: Unknow

AYAH – Berburu keindahan matahari terbenam di Kebumen mungkin wisata alam Bukit Sianco bisa jadi pilihan tepat bagi wisatawan. Berada di tepi  barat gugusan kerucut perbukitan kawasan karst gombong selatan, Bukit Sianco punya pemandangan yang menakjubkan. Bukit ini berada di Dusun Bacok, Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah.

Dari atas bukit setinggi kurang dari 200 meter diatas permukaan air laut ini wisatwan dapat melihat panorama matahari terbenam dengan sempurna terutama saat cuaca cerah. Garis pantai selatan Teluk Penyu yang melengkung indah menjadi pelengkap panoramanya. Untuk melihatnya terdapat gardu pandang dan beberapa spot serta wahan menarik untuk berfoto.

Tak luput dataran rendah berupa lahan pertanian Kabupaten Cilacap dan liukan Sungai Ijo menjelang muara akan memanjakan mata wisatawan. Jika pemandangan sebelah barat berupa datran rendah dan pantai, maka pemandangan ke timur bukit ini merupakan panorama bukit-bukit kerucut khas kawasan karst. Di sekitarnya merupakan hutan lindung yang masih alami dan asri.

Klanceng Kalipoh

Selain wisata Bukit Sianco, di desa ini juga terkenal sebagai Kampung Klenceng. Ya, di desa ini banyak dijumpai warga yang berternak lebah klanceng atau lebah Trigona Sp. Selain wisata wisatawan juga bisa membeli madu dari peternak setempat. Peternak lebah klanceng di desa ini tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Klanceng Barokah.

Kelompok tani yang dibentuk sejak 2015 ini memiliki anggota berjumlah 100 orang dengan 13.000 jumlah koloni. Hebatnya,  dengan adanya kelompok tani ini juga ikut membantu menjaga sumber daya air di sekitar desa setempat sehingga kesadaran warga untuk menjaga alam semakin meningkat.

Bagi yang ingin mengunjungi wisata Bukit Sianco cukup melalui rute menuju objek wisata Pantai Ayah atau Pantai Logending yang sudah sangat terkenal. Dari Pantai Logending hanya berjarak 1 Km ke arah timur. Jalan masuk menuju desa Kalipoh pun masih di area wisata Pantai Logending yaitu di dekat jembatan Sungai kecil timur objek wisata tersebut. Namun karena akses jalan yang sempit disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. (adm/lintaskebumen)

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s