Pesona Tersembunyi Bukit Tampomas di Desa Glontor

bukit tampomas

Panorama Bukit Tampomas (Foto: Imam)

KARANGGAYAM – Objek wisata Bukit Tampomas di Dusun Jlegong, Desa Glontor, Kecamatan Karanggayam belum banyak dikenal pengunjung tak seperti halnya objek wisata lain yang ada di Kabupaten Kebumen. Jarak dari pusat kota Kebumen sekitar 31 Km atau berkendara menggunakan R2 selama sekitar 1 jam. Tak ada angkutan umum untuk menuju objek wisata ini.

Bukit Tampomas menawarkan keindahan alam landskap perbukitan yang dipadukan dengan hamparan persawahan. Dari bukit setinggi sekira 300 meter diatas permukaan air laut ini dapat dilihat ke arah selatan rangkaian Perbukitan Igir Kunir. Untuk menikmatnya, pengunjung bisa berjalan kaki di jalan setapak yang disediakan mengikuti kontur bukit, memanjang. Pengunjung juga harus hati-hati karena kanan dan kiri jalur merupakan tebing.

Sementara itu terdapat gubuk-gubuk tradisional untuk berisitirahat sembari menikmati pemandangan selain juga terdapat gardu pandang. Suasana objek wsaiata yang baru diresmikan awal tahun ini pun masih sangat alami dengan pepohonan rindang. Angin yang sejuk dan sepoy-sepoy akan menambah betah berlama-lama di tempat ini.

Tak hanya Bukit Tampomas, di kawasan ini juga terdapat sebuah air terjun atau curug. Pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 500 meter ke arah barat untuk bisa menemui curug ini. Curug berada di hulu Sungai Cacaban ini memang tidak terlalu tinggi yakni hanya memiliki ketinggian sekira 10 meter saja.  Dibawahnya terdapat dua kolam berundak yang cukup luas untuk bisa digunakan mandi dan berendam. Namun usahakan datang di musim penghujan karena curug ini akan memiliki banyak air. (AND/LintasKebumen)

Rute:

1. Kebumen – Pejagoan – Kebakalan – Pagebangan – Pasar Soma Gunungsari – Glontor

2. Kebumen – Karanganyar – Karanggayam – Pagebangan – Pasar Soma Gunungsari – Glontor

3. Lokasi Tersedia di Google Map (Jangan gunakan jalur Jl. Raya Kalibening)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s