BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

gelombang1

KEBUMEN  – Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap , Jawa tengah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Peringatan dini gelombang tinggi ini berlaku mulai Sabtu (7/5/2016) pukul 19.00 WIB hingga Senin 9 Mei 2016 pukul 19.00 WIB,” kata prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Feriharti Nugrohowati di Cilacap, Jawa Tengah.

Feriharti mengatakan, tinggi gelombang sekira 1,25 meter sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di wilayah pantai selatan Cilacap, pantai selatan Kebumen, pantai selatan Purworejo, dan pantai selatah Yogyakarta. Sementara, tinggi gelombang sekira 2,5 meter sampai 4 meter, berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Menurut dia, gelombang tinggi tersebut terjadi akibat adanya peningkatan kecepatan angin di atas wilayah perairan selatan Jateng dan DIY.

“Kecepatan angin di pantai selatan Cilacap hingga Yogyakarta diprakirakan berkisar 5 sampai 15 knots yang bertiup dari arah tenggara hingga barat daya, sedangkan di wilayah Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta diprakirakan berkisar 5 sampai 20 knots yang bertiup dari arah tenggara hingga barat daya,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya dia mengimbau nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil selalu waspada saat melaut karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu. Selain itu, wisatawan diimbau untuk tidak mandi atau berenang di pantai, terutama wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s