Mei-Juni Diprediksi Awal Musim Kemarau

kantor bmkg

Ilustrasi kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (Photo: Antara)

KEBUMEN – Awal musim kemarau di kawasan Jawa Tengah (Jateng) sudah berlangsung sejak bulan April lalu. Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jateng, Yoga Sambodo di laman suaramerdeka.com mengatakan pada bulan Mei ini sekitar 57 persen wilayah di Jateng sudah memasuki awal kemarau.

Di Kabupaten Kebumen awal kemarau diprediksi mulai pada dasarian (10 hari) pertama bulan Mei ini hingga awal Juni mendatang. Wilayah Kebumen bagian timur seperti Kecamatan Mirit, Prembun, Ambal, Kutowinangun, Padureso dan sekitarnya akan mengalami awal kemarau terlebih dahulu yakni bulan Mei.

Sementara wilayah lainnya diprediksi baru memasuki awal musim kemarau pada awal bulan Juni. Meski telah memasuki awal musim kemarau namun hujan disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi terutama sore hingga malam karena masih dalam masa transisi atau pancaroba.

Curah hujan tinggi berkisar 301-400 mm diperkirakan masih terjadi di wilayah utara yakni Kecamatan Sadang. Sedangkan curah hujan menengah (151-200 mm) masih terjadi di wilayah Kebumen bagian utara, barat maupun pesisir bagian barat seperti Kecamatan Karanggayam, Sempor, Gombong, Ayah dan Puring.

Sedangkan curah hujan menengah (101-150 mm) lainnya di wilayah Kebumen bagian timur, tengah serta pesisir bagian timur seperti Kecamatan Alian, Buluspesantren, Kebumen, Prembun, Kutowinangun, Ambal dan sekitarnya. (BS/ Andri /Lintas Kebumen).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s