Pelajar Kebumen Raih Penghargaan di Bali

juara

KEBUMEN – Pelajar Kebumen berhasil menggondol penghargaan pada ajang Youth Sineas Award 2016 di Bali baru-baru ini. Youth Sineas Award 2016 merupakan sebuah kompetisi film pelajar tingkat nassional yang digelar Ekstrakurikuler Jurnalistik Madyapadma SMA 3 Denpasar, Bali.

Di antaranya oleh SMKN 1 Karanggayam yang menyabet empat penghargaan sekaligus yaitu Film Dokumenter Terbaik, Sutradara Terbaik, Editor Terbaik dan Sinematografi Terbaik melalui film Golak karya sutradara Nawang Riyadi.

Nawang Riyadi menjelaskan, ide pembuatan film Golak berawal dari ketertarikannya untuk mendokumentasikan makanan-makanan khas di Kebumen, salah satunya yaitu golak. Pasalnya, rata-rata penjual golak saat ini meneruskan usaha para pendahulunya.

“Jadi usaha Golak ini ternyata merupakan usaha turun- temurun,” tuturnya.

Serta satu film lagi bertajuk Dangsak besutan sutradara Suningsih dari SMKN 1 Kebumen yang juga diganjar sebagai Film Dokumenter dengan Ilustrasi Musik Terbaik. Film lainnya yang berpartisipasi adalah Kampung Cething dan Penyadap Pulut.

Untuk peralatan dan proses produksi film dokumenter tersebut, mereka didampingi oleh Komunitas Sangkanparan Cilacap. Pegiat Sangkanparan, Insan Indah Pribadi, merasa bangga dengan prestasi siswa dampingannya. (BS/ Andri /Lintas Kebumen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s