Lelah Terbayar dengan Pesona Curug Sindaro

sindaro

KEBUMEN – Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar air terjun? Tentunya, pemandangan air yang indah, berkejar-kejaran dari atas ke bawah, dimana bebatuan sudah menunggunya. Yah, pesona ini juga ditawarkan oleh air terjun Curug Sindaro di Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen.

Untuk menjangkau lokasinya, butuh perjuangan. Pasalnya, Anda akan dihadapkan dengan medan sungai. Perlu waktu sekira 15 menit dari lokasi penitipas kendaraan untuk menuju Curug Sindaro. Anda harus memulai berjalan kaki dengan menyebrangi Sungai Kedungbener. Sehingga jika sungai banjir pengunjng tidak disarankan mengunjungi air terjun ini.

Selanjutnya dengan menelusuri Sungai Kedungbener, perjalanan diteruskan ke arah hulu. 200 meter berjalan akan menemui percabangan sungai, anda harus memilih jalur sesuai petunjuk yaitu lurus. Medan berbatu dan licin di sepanjang perjalanan. Sehingga sebaiknya anda memakai sandal gunung atau sandal dengan cengkeraman kuat.

Sesekali harus kembali menyeberang untuk menghindari ”kedung” menghadang. Selain itu juga harus mewaspadai banjir jika cuaca mendung serta hujan seketika turun.

Lelah pastinya. Namun, lelah itu akan terbayar ketika Anda sudah mendengar gemerujug air terjun dengan tinggi sekira 25 meter. Ditambah lagi ketika sudah sampai di lokasi, dijamin Anda akan berdecak kagum melihat indahnya pemandangan air terjun.

Karakteristik airnya juga unik. Bertingkat dua dengan susunan bebatuan yang melebar serta menarik. Maklum saja wilayah ini termasuk dalam Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung. Batuan ini berupa breksi dengan komponen andesit, basal, tuf dan batu pasir vulkanik kasar.

Air yang mengalir juga jernih dan dingin. Tak heran ketika pengujung yang datang, langsung merasakan kesegaran airnya dengan bermain main dibawah guyuran air. Ditambah suasana sekitar air terjun yang masih asri, dan dingin khas perbukitan. Belum banyak wisatawan yang datang ke air terjun ini sehingga kebersihan masih sangat terjaga.

Baru Dibuka

Obyek wisata air terjun Curug Sindaro belum lama dibuka untuk umum oleh warga setempat. Setidaknya ada dua akses masuk, yakni melalui jalur sungai atau tanpa melewati sungai. Air terjun Curug Sindaro dapat ditempuh sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Kebumen dengan melewati Krakal, Kecamatan Alian.

Tak susah untuk menemukan lokasinya karena akses masuk ke air terjun berada ditepi jalan raya. Di depan rumah warga sinilah pengunjung kebanyakan memarkir kendaraannya dan sekaligus dikenai parkir. Tarifnya hanya Rp 2.000 karena memang belum ada fasilitas apapun disini. (BS/ Andri /Lintas Kebumen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s