Curug Wringin, Pesona Tersembunyi di Kebumen

13022376_607134836101322_779979305_n

KARANGSAMBUNG – Anda yang sering berkunjung ke Kebumen, Jawa Tengah, tentu bosan dengan obyek wisata yang itu-itu saja, seperti Pantai dan Goa. Tidak ada salahnya Anda yang memiliki jiwa petualangan sesekali mencoba menelusuri perbukitan utara Kebumen dan menikmati keindahan pemandangan di sana.

Desa Pujotirto merupakan salah satu desa di Kecamatan Karangsambung yang memiliki panorama indah. Berada di ketinggian rata-rata 433 meter diatas permukaan air laut membuat desa ini menjadi salah satu desa tertinggi di Kebumen. Wilayahnya dikenal dengan nama Dataran Tinggi Pujotirto. Keindahan tersembunyi terselip dilereng selatannya.

Sebuah potensi wisata alam yang tersembunyi keberadaannya dari masyarakat luas.  Tempat tersebut bernama Curug Wringin yang berlokasi di Dusun Era Gemiwang Desa Pujotirto Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Curug Wringin merupakan bagian dari sungai Curugurang yang berasal dari Perbukitan Limar – Indrakila. Sungai ini akan bersatu dengan Sungai Tekung, salah satu anak Sungai Kedungbener.

Air terjun dengan ketinggian sekira 20 meter ini selalu dialirai air di sepanjang musim meski demikian akan menyusut di musim kemarau. Airnya sangat jernih dan segar karena berasal dari mata air perbukitan. Lokasinya yang berada ditengah hutan membuat Curug Wringin masih sangat alami. Ditambah belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Curug Wringin.

Korban

Curug Wringin memiliki sebuah kolam dibawahnya atau warga setempat menyebutnya Kedung. Tak tanggung-tanggung, kedalamnnya mencapai 7 meter dengan air yang tenang berwarna biru kehijauan. Sehingga siapapun akan terhipnotis untuk berenang atau mandi. Atau anda bisa merayapi tebing air terjun lalu melompat ke kolam.

Namun sejak memakan korban jiwa beberapa waktu lalu, kini pengunjung tak diizinkan untuk berenang di bawah air terjun. Warga setempat yang awalnya hendak mengelola tempat tersembut memaksa berhenti. Pengunjung yang mulai ramai saat itu kembali sepi. Warga setempat memiliki kepercayaan bahwa dikedalaman kolam tersebut terdapat sebuah palung yang dapat ”menjebak” siapapun yang mandi atau berenang masuk terperangkap didalamnya. Curug Wringin berjarak sekitar 17 Km dari Kota Kebumen (Rute: KLIK DISINI). Tak ada angkutan umum yang beroperasi di wilayah ini. Akses jalan cukup baik dengan jalan aspal hingga ke tempat parkir kendaraan. Dari tempat parkir anda harus mau berjalan kaki sejauh sekira 700 meter dengan melintasi sawah dan hutan. Namun tenang saja medan yang ditempuh cukup bersahabat. Tak ada fasilitas apapun di Curug Wringin ini dan pastikan kedatangan anda diketahui oleh warga setempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s