Puncak Hud Mulai Ramai Dikunjungi

BUAYAN – Puncak Hud yang berada di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, kini menjadi obyek wisata favorit baru di Kabupaten Kebumen. Setiap hari, obyek wisata alam yang dibuka sejak awal tahun lalu selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama para pemburu matahari terbit (sunrise). Meski hanya memiliki ketinggian 150 dpl namun lokasinya yang berada di tepi Samudera Hindia membuat bukit ini mempunyai panorama apik.

Dari puncaknya dapat dilihat perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) di bagian barat dan utara. Lalu luasnya Samudera Hindia di sisi selatan serta garis lurus pantai selatan Kebumen disisi timur hingga batas cakrawala. Selain itu, dari puncak Bukit Hud juga dapat dilihat Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Pantai Criwik, Pantai Bopong serta Muara Sungai Telomoyo.

Kepala Desa Karangbolong Sobirin mengatakan, rata-rata dalam sehari sedikitnya 100 hingga 150 orang mengunjungi puncak yang berada di atas Pantai Karangbolong. Bahkan di akhir pekan, jumlahnya meningkat hingga dua kali lipat.

“Yang datang rata-rata masih muda, yang masih suka tantangan naik ke puncak. Mereka biasanya datangnya rombongan,” kata Sobirin.

Saat ini, kata dia, pihaknya sebagai pengelola obyek wisata itu tidak menarik tarif khusus bagi para pengunjung. Pengunjung hanya diminta sumbangan seikhlasnya yang langsung dimasukan ke dalam sebuah kotak. “Itu untuk biaya pengelolaan saja,” ucapnya.

Meski tidak mematok tarif khusus, pengelola terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas obyek wisata. Seperti jalan menuju puncak sudah diperbaiki sehingga kendaraan roda dua sampai di lokasi wisata.

“Untuk mobil belum bisa naik, masih harus parkir di bawah. Naiknya bisa sewa ojek,” ujarnya.

Selain itu, pengelola juga telah menyediakan lokasi untuk mendirikan tenda bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di kawasan tersebut. Maupun yang ingin ekskslusif melihat sunrise. “Atau juga wisatawan bisa menginap di rumah-rumah warga sekitar,” imbuhnya.

Tak hanya Puncak Hud, di kawasan tersebut juga ada obyek wisata lain seperti Pantai Karang Pamuran, Goa Asli lokasi pengunduhan sarangburung, hingga petilasan pertapaan Bung Karno. Rute dari Kota Kebumen Klik Disini Rute dari Kota Gombong Klik Disini. (ori/sus/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2016)

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s