TNI Tinggikan Jalan Dukuh Beji

babinsa petanahan

PETANAHAN – Jalan Dukuh Beji RT 01 RW 01, Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kebumen ditinggikan. Pelaksanaan kegiatan itu melalui karya bhakti TNI Manunggal dengan rakyat, Senin (14/12).

Dalam kesempatan itu, sekaligus dibangun talut. Personel Koramil Petanahan dan Kodim 0709/ Kebumen yang terlibat dalam karya bhakti tersebut sebanyak 40 orang sedangkan dari warga Desa Karangrejo 50 orang. Mereka antusias mengikuti karya bhakti.

Kendati diliputi hujan, kegiatan tersebut tetap berlangsung. Bahkan kian menambah semangat anggota TNI dan warga untuk meninggikan jalan dan membangun talut.

Untuk peninggian jalannya dengan diuruk pasir. Pengambilan pasirnya menggunakan tiga truk. Selanjutnya dipadatkan dan diratakan menggunakan cangkul dan skop. Peralatan tradisional tersebut disediakan sebanyak 50 cangkul dan 25 sekop.

Dua Hari

Peninggian jalan sepanjang 125 meter dengan lebar 4 meter itu tidak memakan waktu lama karena dilakukan anggota TNI yang terlatih. Begitu juga dengan pembuatan talut sepanjang 250 meter.

”Penanganan yang dilakukan anggota TNI dan warga ini sangat cepat. Hanya dua hari saja,” kata Saefudin (46), warga Desa Karangrejo sembari mengatakan, setelah karya bhakti kemarin dilanjutkan pada Selasa (15/12).

Hadir Muspika Petanahan, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa Karangrejo. Para pejabat di tingkat kecamatan dan desa itu pun terjun langsung dalam karya bhakti itu.

Danramil Petanahan Kapten Inf Agus Handoyo mewakili Dandim 0709/ Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya mengatakan, peninggian jalan tersebut mencapai 0,5 meter. Peninggian jalan dan pembangunan talut itu hasil swadaya masyarakat atas motivasi dari TNI.

”Kami berupaya tampil di depan dalam membantu kesulitan masyarakat,” tegas Kapten Agus. Dijelaskannya, sebelum jalan tersebut ditinggikan, kondisinya gampang becek saat terjadi hujan.

Selain itu menjadi tempat genangan air sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas jalan tersebut. Kini setelah ditinggikan dapat dilalui dengan mudah. Ke depan diharapkan ditingkatkan lagi dengan pengaspalan.( K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s