Tanggul Sungai Kedungbener di Sumberadi Jebol

tanggul jebol

KEBUMEN – Setelah parapet Sungai Kedungbener di Desa Jatisari jebol, kini giliran tanggul di Desa Sumberadi Kecamatan/ Kabupaten Kebumen yang mengalami kejadian sama. Wilayah yang dilalui Sungai Kedungbener itu pun menjadi perhatian serius Pemkab Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen.

Untuk diketahui, Sungai Kedungbener di Desa Sumberadi itu masih berupa tanggul tanah, sedangkan di Desa Jatisari sudah dibuat parapet (bangunan pengaman limpasan air sungai). Kejadian jebolnya tanggul di Sumberadi itu pada Selasa (15/12) dini hari.

Hujan Deras

Pada keesokan harinya langsung dilaksanakan karya bhakti TNI berupa penutupan tanggul jebol. Kegiatan tersebut diikuti Sekda Adi Pandoyo, Kepala Dinas Sumber Daya Air Energi Sumber Daya Mineral (SDAESDM) Kabupaten Kebumen Suhartomo, Pasi Intel Kodim 0709 Kebumen Kapten Arh M Kholiludin, Danramil Kebumen Kapten Inf Suyatno, dan Camat Kebumen Sumarno. Mereka antusias mengikuti karya bhakti TNI yang juga diikuti warga setempat.

Tidak ketinggalan santri Ponpes Al Falah dan mahasiswa Politeknik Dharma Patria (Poldha) Kebumen ikut membuat tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir.

Menurut Kapten Suyatno yang mewakili Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, jebolnya tanggul tersebut akibat diterjang arus Sungai Kedungbener menyusul hujan deras sejak sore sebelumnya. ”Tanggul yang jebol mencapai 10 meter,” tegas Kapten Suyatno.

Di aliran Sungai Kedungbener juga terdapat tanggul jebol yang masuk wilayah Desa Wonosari. Sebelumnya parapet Sungai Kedungbener di Desa Jatisari yang jebol selebar 10 meter. Jebolnya tanggul tersebut membanjiri permukiman warga. Selanjutnya ditutup menggunakan karung berisi pasir dan sudah aman.

Penanganan tersebut merupakan langkah antisipasi untuk menanggulangi banjir susulan. Sehingga tidak mengancam keselamatan warga sekitar. Suyatno mengatakan, jebolnya tanggul di Desa Sumberadi baru kali pertama. Tahun lalu yang sempat jebol berada di lokasi terpisah. Kini sudah dibangun parapet.

Dia berharap agar tanggul sepanjang Sungai Kedungbener yang masih berupa tanah segera dibangun parapet. Menurut Adi Pandoyo, penutupan tanggul yang jebol itu sembari menunggu alokasi dana untuk penanganan secara permanen. Diharapkan terealisasi tahun depan. (K5-36/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s