Tanah Longsor di Kebumen, Satu Orang Terluka

longsor-kebumen

PEJAGOAN – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kecamatan Pejagoan, Kebumen. Kali ini menimpa rumah Mustawam (53) warga Dusun Lengkong RT 05 RW 02 Desa Jemur. Rumah tembok tersebut rusak parah setelah diterjang tebing setinggi 15 meter di belakang rumahnya yang longsor.

Peristiwa tanah longsor itu terjadi Senin (14/12) sekira pukul 19.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun salah satu anaknya yang bernama Farikhah Ismawati terluka sehigga dirawat di Puskesmas Pejagoan.

Remaja yang duduk di kelas 9 Madrasah Aliyah Program Khusus (MA PK) Maarif I tersebut terluka pada kaki kirinya akibat terkena material longsoran. Menurut penuturan Mustawam, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi saat turun hujan.

Saat kejadian dia baru sampai rumah setelah salat Isya di masjid. Anaknya Farikhah sedang belajar di depan televisi. Sedangkan istrinya juga berada di rumah. “Tiba-tiba ada suara kretek-kretek, lalu saya teriak mengajak keluarga keluar sambil menendang pintu hingga patah,” ujar Mustawam kepada suaramerdeka.com, Selasa (15/12).

Sebenarnya, anaknya juga sempat berlari menyelamatkan diri. Tetapi bajunya tersangkut paku sehingga kaki kirinya sempat terkena reruntuhan dinding ruang tamu yang roboh. “Rumah rusak parah dan harus dibongkar,” imbuh Mustawam yang untuk sementara mengungsi di rumah famili yang tidak jauh dari rumahnya.

Sementara itu, masyarakat bersama personil TNI AD dari Koramil Pejagoan, personil Polri termasuk polisi wanita (polwan) dari Polsek Pejagoan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahu membahu bekerja bakti menyingkirkan puing-puing longsoran.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kebumen Arif Rahmadi mengatakan, pihaknya sudah mengirim bantuan logistik dan uang untuk korban bencana. (Supriyanto/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s