Siswa SMP Muhammadiyah 1 Belajar Produk Lokal

SMP Muhammadiyah 1 Kebumen

SMP Muhammadiyah 1 Kebumen

KEBUMEN – Siswa-siswi kelas Full Day SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, baru-baru ini berkunjung ke sentra produksi lanting, salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen di Desa Lemahduwur, Kecamatan Kuwarasan.

Lanting merupakan makanan ringan sekaligus oleh-oleh khas Kebumen yang terbuat dari bahan baku singkong. Orang dari luar kota yang berkunjung ke Kebumen sering membeli lanting sebagai makanan ringan yang murah dan tahan lama.

Industri makanan ringan milik Ratimin diberi nama ”Mekar Sari”, salah satu yang dikunjungi siswa SMP Muhammadiyah 1 Kebumen. Berlokasi di Desa Lemahduwur, Kuwarasan. Industri kecil makanan ringan tersebut berdiri sejak lima tahun lalu.

Meskipun persaingan dalam indutri rumah tangga semakin ketat, lanting milik Ratimin sampai saat ini masih mampu bertahan. Bahkan melayani pemesanan dalam kota maupun luar kota seperti Purworejo, Magelang, Bekasi dan Jakarta.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, Emi Widayanti mengungkapkan, pihaknya mempunyai salah satu program sekolah kunjungan industri bagi kelas Full Day. Diharapkan siswa mengenal serta mencintai produk asli yang ada di daerah. (B3-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s