PGOT Mardi Guno Prembun Diikutkan Test VCT

PGOT

PREMBUN – Sedikitnya 30 warga Unit Rehabilitasi Sosial Mardi Guno Prembun Kebumen mengikuti test HIV atau Voluntary Counseling Test (VCT). Warga Mardi Guno yang tidak lain adalah Pengemis, Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) pun antusias mengikutinya. Senin (14/12).

VCT tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Forum Peduli AIDS (FPA) Bougenville Kebumen. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya VCTa, melainkan warga Mardi Guno juga mendapatkan bantuan sembako dari pengusaha Kurma Coklat (Kurcok).

Selain itu, di tempat tersebut, FPA Bougenville Kebumen juga menyelenggarakan hiburan orgen tunggal. Koordinator FPA Bougenville Kebumen Solekhan mengatakan, biasanya penyelenggaraan VCT dilaksanakan dengan sederhana.

Namun kali ini warga Mardi Guno menginginkan hiburan. Organ tunggal tersebut, semata-mata untuk menghibur warga Mardi Guno. “Sekali-kali mereka mendapatkan hiburan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, selama ini warga Mardi Guno selalu antusias untuk mengikuti program VCT. VCT dilaksanakan demi menjaga kesehatan warga. Jika diketahui ada yang terindikasi, akan langsung dilaksanakan pendampingan. “Siapapun memungkinkan untuk tertular HIV, maka dari itu VCT sangat diperlukan,” ujarnya.

Pengadministrasian Umum Unit Rehabilitasi Sosial Mardi Guno Kebumen Supriyanto mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya program VCT yang dilaksanakan FPA Bougenville. Sebab warga Mardi Guno berasal dari berbagai golongan. “Parnah kita mendapat kiriman orang, setelah ditest ternyata positif HIV,” paparnya.

Di Mardi Guno, saat ini terdapat 50 warga. Para warga selalu diberi kegiatan peningkatan ketrampilan (Skill). Hal ini bertujuan untuk memberi bekal saat mereka akan meninggalkan Mardi Guno. Beberapa ketrampilan diantaranya membuat paving dan batako. “Untuk yang perempuan kita beri latihan menjahit, batik tulis dan salon,” jelasnya.

Usai pelaksanaan VCT, warga Mardi Guno menerima bantuan sembako dari Pengusaha Kurcok, Hj Elok Faiza (43) warga RT 02/01 Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan. Sembako diberikan secara simbolis dan terima oleh Koordinator FPA Bougenville Kebumen Solekhan didampingi Kapolsek Prembun AKP Suparno.

Hj Elok menyampaikan, bantuan yang diberikan kepada warga Mardi Guno semata-mata hanya untuk sedikit meringankan beban mereka, meski pun saat ini mereka telah dibiayai oleh negara. “tidak ada salahnya memberi bantuan kepada sesama,” ungkapnya yang juga pengusaha jasa Biro perjalanan Umroh Arminareka Perdana Kebumen.

Kapolsek Prembun AKP Suparno mengatakan, saat ini Warga Mardi sudah dianggap keluarganya sendiri. Pihaknya juga mendukung dengan adanya program VCT yang dilaksanakan di tempat tersebut. Hal ini demi terciptanya hidup yang bersih dan sehat. “Ini merupakan program yang sangat baik,” ucapnya. (mam/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s