Pelatihan, Dorong Guru Buat Karya Ilmiah

menulis

KEBUMEN – Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan karier guru. Kegiatan yang digelar sejak 3-15 Desember itu berlangsung di dua tempat yakni SMP 3 dan SMP 5 Kebumen.

Peserta berasal dari guru negeri dan swasta tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kebumen. ”Pelatihan tersebut ditindaklanjuti dengan praktik langsung di sekolah,” kata Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kebumen Budiarto.

Menurutnya, pelatihan tersebut meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia yang muaranya untuk peningkatan karir mereka. Materi pelatihannya meliputi implementasi kurikulum antara lain penyusunan metode dan model pembelajaran, serta karya penulisan ilmiah.

Adapun narasumber yang mengisi pelatihan tersebut dari pengawas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen, Bambang Priyono, Samsu Hidayat dan Irsam. Mereka memberi materi untuk mendukung pembelajaran para guru Bahasa Indonesia tersebut.

Pendidikan Karakter

Budiarto juga guru SMP 5 Kebumen menambahkan, hasil pelatihan itu tidak hanya untuk guru namun juga anak didik. Pasalnya, guru yang mendapatkan pelatihan setiap Senin dan Kamis itu mempraktikkan langsung di sekolah pada Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu.

”Pelatihan ini juga memotivasi guru agar terdorong membuat karya ilmiah,” imbuhnya. Tanpa membuat karya ilmiah maka karir guru akan terhambat.

Selama ini, para guru menggunakan penilaian tindakan kelas, diklat, jurnal, serta membuat artikel dalam rangka menunjang peningkatan kompetensinya. Di kabupaten berslogan Beriman ini terdapat 235 guru Bahasa Indonesia baik negeri maupun swasta.

Agar pelatihan karir guru bisa merata maka pihaknya berencana mengajukan proposal lagi sehingga bisa dilaksanakan bergantian. Para guru yang mendapatkan pelatihan pun diminta menularkan ke lainnya.

Dan pelatihan tersebut menekankan pendidikan karakter meliputi jujur, tanggung jawab, disiplin dan kerja keras. Misalnya dalam membuat cerpen, alur ceritanya mengajak untuk berperilaku jujur dan bekerja keras.(K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s