Empat Dalang Cilik Ikuti Lomba Dalang Anak

dalang cilik1

KEBUMEN – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen mengirimkan empat dalang cilik untuk mengikuti lomba dalang anak 2015 di Banjarnegara.

Lomba yang digelar di Balai Warga Desa Merden, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara itu berlangsung selama dua hari yakni Selasa-Rabu (15-16/12). Adapun empat dalang cilik yang terpilih masuk kontingen Kebumen adalah Kethug Guritno, Bambang Priambodo, Gilang Wibisono dan Alfian Dwi Saputra.

Sebelumnya mereka mengikuti seleksi yang dilakukan oleh DKD Kebumen di Padepokan Seni Sehat Medika pimpinan R Suman Sri Husodo di Kelurahan Jatiluhur, Karanganyar pada 9 Desember lalu.

Ketua DKD Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo menyampaikan, dari tujuh dalang anak yang mengikuti seleksi terpilih empat anak untuk mengikuti lomba di Banjarnegara.

Setelah tahap seleksi maka keempat dalang anak tersebut selanjutnya mendapatkan pendalaman materi lomba selama empat hari mulai 10-13 Desember 2015 di Padepokan Sehat Medika.

Penggalian Bakat

Pembekalan pelatihan diberikan oleh para dalang senior di Kebumen seperti Ki Bambang Cermo Carito, Ki Widoseno Aji dan Ki Slamet Cermo Harsono.

”Tujuan pengiriman kontingen lomba dalang anak ke Banjarnegara yakni melakukan penggalian minat dan bakat pada seni pedalangan pada anak sejak usia dini di Kebumen, serta menyediakan ruang apresiasi seni pedalangan bagi generasi muda. Sehingga akan meningkatkan kualitas peserta lomba,” ujar Pekik Sat Siswonirmolo kepada Suara Merdeka, Senin (14/12).

Pengiriman kontingen itu, juga merupakan program kerja tahunan DKD Kebumen tahun 2015. Juga sebagai upaya pengembangan dan pelestarian seni pedalangan pada generasi muda di Kebumen.

”Adapun pembiayaan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut berasal dari kas DKD Kebumen dan donatur yang tidak mengikat,” tandas Pekik Sat Siswonirmolo yang mengaku masih kekurangan anggaran untuk memberangkatkan para dalang cilik tersebut.(J19-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Follow: @LintasKebumen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s