Pj Bupati Motivasi Tanam Padi Serentak

tanam padi1

KUTOWINANGUN – Tanam padi serentak diikuti Pj Bupati Arief Irwanto di Desa Karangsari, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, kemarin. Kegiatan dilaksanakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kebumen ini bekerja sama dengan Kodim 0709 Kebumen berlangsung semarak.

Tanam menjelang pertengahan Desember itu molor dari jadwal, menyusul kemarau panjang dan tidak berfungsinya irigasi yang dialirkan sejak 16 Oktober silam.

Praktis, tanam yang mengandalkan hujan itu baru dilaksanakan di kabupaten berslogan Beriman ini. Pj Bupati Arief dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya tampak cekatan menanam padi bersama anggota kelompok tani Sri Lestari Desa Karangsari.

Tanam serentak itu juga diikuti Muspika Kecamatan Kutowinangun, Babinsa, dan para Kades Se-Kutowinangun sebanyak 200 orang. ”Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para petani semangat mencapai hasil maksimal,” tegas Dandim Putra.

Dari Timur

Pihaknya pun memerintahkan para Babinsa mendampingi para petani mulai panggarapan lahan, tanam padi hingga panen. Mengingat jadwal tanam yang molor, tanam padi kali ini menggunakan varietas cepat panen yakni Muhibat.

Diharapkan petani di wilayah lain mengikuti agar tahun ini bisa mencapai indeks penanaman (IP) 300 persen berupa padi-padi-palawija. Untuk diketahui, irigasi waduk yang sudah dialirkan sejak 16 Oktober belum efektif untuk membasahi sawah-sawah di kabupaten berslogan Beriman ini. (K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s