Peduli Bencana, Kodim 0709/Kebumen Latih 120 Relawan

kebumenlatbencana

KEBUMEN – Kodim 0709/Kebumen melatih sebanyak 120 relawan sebagai langkah antisipasi terhadap kejadian bencana. Pelatihan peduli bencana ini digelar atas kerjasama Kodim 0709/Kebumen, BPBD Kab Kebumen dan PMI Kebumen.

 
Menurut Peltu Sudarsin anggota Koramil 07/Karangsambung mengatakan, meski ini hanya latihan dasar penanganan bencana, namun kegiatan ini bisa optimal. Sebab, para peserta dengan serius melaksanakan kegiatan ini.
 
“Kita semua wajib peduli jika terjadi bencana, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tegas Sudarsin.
 
Lanjut Darsin, kegiatan ini bisa disebut sebagai kegiatan Pra Bencana, yakni kegiatan pelatihan terkait musibah bencana alam yang akhir-akhir ini kerap ‘menghiasi’ wilayah Kabupaten Kebumen. Yakni mulai dari bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, tanggul jebol.
 
“Dan ini mengacam masyarakat kita dan sewaktu-waktu akan timbul, oleh sebab itu Kodim bersama BPBD Kab. Kebumen mulai dari tanggal 12 – 13 Desember 2015 lalu, menyelenggarakan kegiatan pelatihan kebencanaan yang diikuti oleh Relawan DESTANA sebanyak 120 orang,” ungkapnya.
 
Dalam pelatihan ini Peltu Sudarsin dibantu Serma Marjuki anggota Basi Ops Dim 0709/Kbm sebagai Pendamping dan Pelatih dalam giat tersebut. Adapun materi-materi yang diberikan meliputi, kedisiplinan, bongkar pasang tenda keluarga dan tenda peleton, menagement Shelter dan bela negara.
 
Materi-materi tersebut diberikan sebagai bekal mereka dalam melaksanakan tugas kemanusiaan di lapangan apa bila terjadi bencana di wilayah Kebumen maupun di luar Kebumen. (Yulianto/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)
Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s