Coblosan Ulang di Gemeksekti, Tak Diminati

pemilu4

KEBUMEN – Tingkat partisipasi warga dalam pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 10 Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, sangat kecil. Dari 418 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), hanya 189 warga yang kembali datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

PSU di TPS 10 Gemeksekti berlangsung Minggu (13/12/2015). Hasilnya, pasangan nomor urut 1 Khayub-Bakhrun memperoleh 81, pasangan nomor urut 2 Fuad-Yazid memperoleh 97 suara, dan pasangan nomor urut 3 Bambang-Sunarto harus puas
dengan 8 suara.

Hasil tersebut jauh berbeda dengan hasil pemungutan suara pada 9 Desember lalu. Saat itu, pasangan nomor urut 1 Khayub-Bakhrun menang dengan 149 suara, disusul pasangan nomor urut 2 Fuad-Yazid dengan 97 suara, dan 18 suara untuk
Bambang-Sunarto.

Penjagaan cukup ketat dilakukan aparat kepolisian dan anggota Satpol PP di area TPS 10. Bahkan Kapolres Kebumen AKBP Faizal ikut memantau jalannya PSU bersama anggota Bawaslu Jateng Teguh Purnomo, Ketua Panwas Kebumen Suratno,
dan Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyanto.

Diberitakan sebelumnya, KPU Kebumen melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 10 Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen. PSU dilakukan karena diketahui ada 2 warga yang mencoblos di 2 TPS, yakni di TPS 7 kemudian di TPS 10 Desa Gemeksekti.

Ketua KPU Kebumen Paulus Widiantoro mengakui 2 warga suami istri itu terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) TPS 7 serta di TPS 10. Masuknya orang yang sama di 2 DPT terjadi karena yang satu namanya tertulis dengan ejaan yang berbeda, dan satunya lagi tanggal lahirnya berbeda.

“Karena ejaan dan tanggal lahir berbeda sehingga di sistem tidak terdeteksi sebagai orang yang sama. Hal itu sebenarnya bisa diketahui dari pengamatan manual oleh PPS maupun PPL,” terang Paulus.

Pencoblosan di dua TPS oleh orang yang sama, diketahui PPS di TPS 10 setelah suami istri yang tidak disebutkan namanya itu menggunakan hak pilih di TPS 7. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke PPK dan Panwas.

Atas rekomendasi Panwas, KPU kemudian melakukan pemungutan ulang di TPS 10. “Rekomendasi Panwas sejalan dengan KPU yang memang sudah seharusnya pemungutan di TPS 10 diulang,” tegas Paulus. (Sukmawan/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s