Wisata Bukit Langit di Perbukitan Condong Giripurno

KARANGANYAR – Potensi wisata di Kabupaten Kebumen terus mengeliat dan siap menambah daftar obyek wisata yang ada di kabupaten berslogan Beriman ini. Setelah Bukit PI (Pentulu Indah) di Geopark Karangsambung dibuka untuk wisatawan umum, kini terdapat Obwis Bukit Langit.

Bukit Langit adalah sebuah bukit yang terletak di Dusun Kembangabang Desa Giripurno Kecamatan Karanganyar. Bukit Langit berada di Perbukitan Condong Giripurno. Perbukitan yang membatasi kecamatan Karanggayam dengan Kecamatan Karanganyar, dan Sruweng.
Dari atas bukit berketinggian 360 meter diatas permukaan air laut ini wisatawan bisa melihat landscape Pegunungan Serayu Selatan di bagian utara. Bukit Condong serta Perbukitan Padureksa di sisi timur. Serta dataran rendah Kebumen disisi selatan. Tak jauh dari Bukit Langit terdapat Bukit Butak yang memiliki elevasi lebih tinggi sekitar 380 meter diatas permukaan air laut.
Bukit Langit cocok digunakan untuk kegiatan camping karena lahannya yang datar dan cukup lebar. Dengan kegiatan camping maka wisatawan akan dimanjakan kabut-kabut dipagi hari yang menaungi lembah Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam. Selain itu pemandangan matahari terbit tak kalah menakjubkan untuk disaksikan.
Obyek wisata ini baru dirintis oleh sejumlah pemuda penggiat wisata bekerja sama dengan masyarakat setempat. Sejumlah papan petunjuk menuju Bukit Langit sudah mulai diletakan disejumlah titik untuk memudahkan wisatawan.
Rute yang ditempuh dari utara Alun-alun Karanganyar menuju ke timur hingga hingga menemui Simpang Lima Candi. AMbil jalur tengah atau menuju ke utara hingga menemui Tugu Canonde, Pasar Candi dan Balai Desa Candi. Lanjutkan perjalanan keutara hingga menemui pertigaaan segeralah ambil jalur kanan.
Teruslah ke utara hingga menemui pertigaan Dusun Sigodeg dan ambil jalur kiri atau kanan sama saja hingga tembus di Dusun Silumut. Belok ke kanan atau ketimur hingga Dusun Pengilon dibawah Bukit Butak. Perjalanan dilanjutkan ke arah timur dan akan ada pertigaan lagi. Dari sini lurus saja hingga sampai di Dusun Kembangabang. (Andryan /LintasKebumen©2015)
Titik koordinate Bukit Langit: http://bit.ly/1Y66RZk
Titik koordinate Rute/ Dusun Kembangabang: http://bit.ly/1jVM6fV
Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s