Petugas KPPS Gunakan Kostum Punokawan

punokawan

KARANGSAMBUNG – Beragam cara untuk menarik warga agar menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2015. Seperti petugas di TPS Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, mengenakan kostum punokawan pada tokoh pewayangan, Rabu (9/12).

Sebanyak empat Petugas Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) itu mengenakan kostum punokawan, mulai dari tokoh Semar, Bawor, Petruk dan Gareng. Tentu saja cara unik ini ampuh menarik warga sekitar untuk mencoblos di tempat pemungutan suara tersebut.

Selain memakai kostum punokawan, TPS yang dibangun di pasar desa setempat itu juga menyuguhkan tembang-tembang jawa. Dan di pintu masuk TPS yang menggunakan tenda itu, dihiasi janur kuning. Sehingga euforia adat Jawa sangat kental di TPS ini.

Ketua KPPS TPS 3 desa setempat, Julifan, mengatakan pemakaian kostum wayang ini dimaksudkan untuk menarik warga sekitar agar menggunakan hak suaranya untuk memilih tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati itu, sehingga dapat mengurangi angka golput. Selain itu, kostum wayang juga dapat melestarikan budaya Jawa.

“Dengan adanya kostum seperti ini sangat efektif guna menarik perhatian calon pemilih,” kata Julifan, kepada Kebumen Ekspres, Rabu (9/12).

Menurut Julifan, terobosan baru itu cukup efektif untuk mengundang warga agar menggunakan hak pilihnya. Itu terbukti baru pukul 09.00 WIB, jumlah warga yang sudah menggunakan hak pilihnya sudah mencapai 40 persen lebih dari daftar pemilih tetap (DPT).

“Harapannya bisa mencapai 90-100 persen. Ini baru pertama kali, paling tidak berbeda dan unik,” ujarnya.

Dalam TPS ini terdaftar pemilih tetap sebanyak 540 warga, dengan rincian 227 pemilihan perempuan dan 263 pemilih laki-laki. Barinah, salah satu warga setempat mengaku sangat terkejut melihat TPS unik itu. Dia mengaku baru kali ini ada TPS unik di desanya. ” Ini bagus, kreatif jadi warga kan kepingin liat kesini. Terus mau nyoblos,” ucapnya.

Pilbup Kebumen digelar pada 9 Desember kemarin. Ada tiga pasangan calon akan berebut pucuk pimpinan Kabupaten Kebumen, yaitu pasangan calon nomor urut 1 Khayub Mohamad Lutfi-Akhmad Bakhrun (PKS, Nasdem dan Golkar).

Selanjutnya, calon nomor urut 2 Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz (PAN, PKB, Gerindra dan Demokrat), dan calon nomor urut 3 Bambang Widodo-Sunarto (PDIP dan Hanura).

Sedangkan jumlah pemilih berdasar Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang memiliki hak suara sebanyak 1.076.596 jiwa. Adapun jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 2.385 TPS yang tersebar di 460 desa/kelurahan se-Kabupaten Kebumen.(ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s