Hujan Mengguyur, Jalan Rusak Bermunculan

jalan rusak

KARANGSAMBUNG – Akibat beberapa kali diguyur hujan deras, sejumlah titik beberapa ruas jalan di beberapa kecamatan di Kebumen rusak parah. Diantaranya, bagian jalan menikung di Desa Banioro Kecamatan Karangsambung dan Desa Krakal Kecamatan Alian Kebumen.

Titik-titik jalan yang rusak itu sebenarnya sudah direhab tambal sulam atau menutupi lubang dengan batu dan aspal beberapa bulan lalu. Namun sering datangnya hujan deras berakibat merusakkan kembali bagian jalan tersebut.

“Bagian jalan itu nampaknya memang labil dan kerapkali rusak bila diguyur hujan deras beberapa kali. Padahal bagian jalan di dekatnya sama sekali tak mengalami kerusakan. Petugas DPU Kebumen sudah beberapa kali menambal bagian yang berlubang dengan aspal, namun bila berulangkali diguyur hujan deras langsung rusak lagi,” jelas Sumbarjo, pemilik warung makan di dekat tikungan jalan Desa Banioro, Kamis (10/12/2015).

Penjelasan serupa juga diberikan oleh Sarno, warga yang tinggal dekat tikungan jalan yang rusak berat di Desa Krakal Alian. Menurut Sarno, selain dipicu guyuran hujan deras, kerusakan jalan di titik itu diperkirakan disebabkan oleh penggalian batu dan tanah secara besar-besaran di sebidang tanah tak jauh dari tikungan jalan itu.

“Di samping efek penggalian, kemungkinan seringnya truk-truk pengangkut tanah dan batu melewati bagian jalan itu menyebabkan kerusakan bertambah parah,” ujar Sarno.

Kabid Bina Marga DPU Kebumen, Haryono Wahyudi MT, ketika dihubungi menjelaskan bahwa DPU Kebumen sudah memantau kondisi jalan-jalan rusak tersebut. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, titik-titik jalan itu akan direhab secara total di tahun anggaran 2016 mendatang. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumenĀ©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s