Musim Hujan Tiba, SAR Kebumen Tingkatkan Kewaspadaan

banjir telomoyo

AYAH – Search and rescue (SAR) Elang Walet Perkasa Kebumen meningkatkan kewaspadan terhadap bencana saat musim penghujan ini. Terlebih selain rawan terhadap bencana banjir, wilayah Kebumen bagian selatan yang berada di perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) juga rawan tanah longsor.

Komandan SAR Elang Walet Perkasa Subejo di Kebumen (20/11/2015) mengatakan sebanyak 126 anggotanya, saat ini disiagakan di sepanjang selatan pantai Kebumen. Selain itu telah disiagakan peralatan baik perahu dan mesin yang siap bergerak kapanpun jika terjadi musibah.

Menurut Subejo pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada anggotanya agar memberi tahu kepada masyarakat di daerah rawan bencana untuk selalu waspada. Terutama saat hujan lebat, karena wilayah Kebumen yang sebagian besar datar dan pengunungan sangat rawan bencana banjir dan longsor.

Sebagai daerah yang memiliki pantai dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah bagian selatan, Subejo menyebut SAR Elang Walet Perkasa telah meminta kepada nelayan dan pengunjung agar lebih berhati-hati saat musim penghujan ini.

Terutama bagi nelayan yang menyewakan perahunya, untuk wisata agar menyediakan pelampung. Karena sejumlah kecelakaan laut sering terjadi di wilayah ini.

“Kita dari 126 anggota saya itu memang langsung diposisikan, pada titik rawan. Seperti di Desa Pasir, Karangduwur, dan Agropeni. Sudah disediakan daripada mesin beserta perahu. Kemudian longsor-longsoran seandainya menghadapi longsor, daerah pengunungan Desa Pasir hingga Logending sudah saya siapkan anggota,” kata Subejo.

Sementara itu, Berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen di Kebumen terdapat 137 desa di 17 kecamatan yang masuk kategori rawan longsor. Sedangkan sebanyak 190 di 22 kecamatan desa rawan bencana banjir. (Robin Abdulrahman/ RRI/ /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s