Lagi, Gempa 3,4 SR di Perbatasan Kebumen-Banjarnegara

tiga empat

KEBUMEN – Gempa bumi kembali terjadi di wilayah perbatasan Kabupaten Kebumen – Banjarnegara. Kali ini gempa tektonik berkekuatan 3.4 Skala Richter (SR) terjadi pukul 12.27 WIB, Sabtu (21/11/2015). Gempa terjadi di kedalaman dangkal yakni 10 kilometer.

Berdasar informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 16 kilometer Barat Daya Banjarnegara. Getarannya dapat dirasakan masyarakat disekitar pusat gempa maksimal III MMI (Modified Mercalli skala Intensitas).

Gempa tersebut menjadi gempa ketiga yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Banjarnegara selama 3 jam terakhir. Pusat gempa berada di titik koordinat 7.51 LS,109.66 BT yang masuk dalam wilayah administratif Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen.

Sebelumnya pada pukul 10.32 terjadi gempa bumi berkekuatan 3,2 SR yang berpusat di koordinat 7.49 LS,109.74 BT atau di Desa Kedunggong Kecamatan Sadang. Kabupaten Kebumen dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa kedua berkekuatan 3,1 SR. Belum diketahui informasi mengenai kemungkinan adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan gempa yang terjadi akibat penyeseran atau patahan lokal di kedalaman dangkal.

Daryono menjelaskan, gempa bumi yang menggoyang daerah tersebut dibangkitkan oleh sebuah aktivitas patahan dengan mekanisme strikeslip-normal. “Nilai strike hasil analisis ini sesuai dengan kondisi morfologi yang berupa pola-pola kelurusan di zona gempa bumi,” pungkasnya. (BS/ Andrian /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s