Hadapi Ombak Demi Rumput Laut

rumput laut kebumen

AYAH – Mencari rumput laut menjadi mata pencaharian sebagian warga yang bermukim sepanjang pantai berkarang di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Salah satunya warga Desa Srati yang mengandalkan keberanian menghadapi ombak besar ketika mencabuti rumput laut yang tumbuh liar di batu karang yang ada di Pantai Pecaron.

Pencari rumput laut di Pantai Pecaron, terkadang juga harus berenang untuk menjangkau batu karang yang berjarak puluhan meter dari bibir pantai. Demi keselamatan, tubuhnya diikat tali yang ujungnya terikat kuat di batu karang yang ada pantai.

“Batu karang yang jauh dari pantai, memang banyak rumput lautnya. Tetapi tidak semua berani karena risikonya sangat tinggi meski sudah memakai tali agar tidak terseret ombak,” ujar Kasno (40) warga Desa Srati ketika mencari rumput laut di Pantai Pecaron.

Ombak besar yang bisa datang secara tiba-tiba, diakui menjadi ancaman. Karena itu, diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi selain keberanian. “Tidak boleh lengah, sesekali harus melihat ke laut untuk mengawasi ombak. Sekiranya akan ada ombak besar, harus segera menyingkir ke pantai,” terang Kasno.

Aktivitas rumput laut, ternyata tidak bisa dilakukan setiap hari. Dalam sebulan, kesempatan mencari rumput laut hanya 10 hari karena di saat-saat tertentu, ombaknya sangat besar yang tidak memungkinkan untuk mencari rumput laut.

Di saat ‘panen’, pencari rumput bisa mendapatkan 10 hingga 15 kilogram sehari. Rumput laut dibeli pengepul dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 10.000 perkilogram. (Sukmawan/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s