Gempa Darat 3,2 SR Getarkan Kebumen Utara

gempa4

KEBUMEN – Wilayah pegunungan utara Kabupaten Kebumen digetarkan oleh sebuah gempa bumi pada Sabtu (21/11/2015). Gempa yang terjadi sekitar pukul 10.32 WIB itu merupakan gempa darat.

Berdasarkan data yang diunggah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitternya @infoBMKG, gempa diektahui berkekuatan 3,2 skala richter (SR) yang berlokasi di koordinat 7.49 LS,109.74 BT.

“Pusatnya di darat, 16 Km Tenggara Banjarnegara – Jawa Tengah, Kedalaman 10 km,” cuit akun tersebut.

Dilhat dari titik koordinat yang diunggah BMKG pusat gempa masuk ke wilayah Kabupaten Kebumen yakni Desa Kedunggong Kecamatan Sadang. Dari kota Kebumen pusat gempa berjarak 22 kilometer. Gempa tersebut dirasakan maksimal III MMI (Modified Mercalli skala Intensitas).

Pengamat Astronomi dan geologi, Ma’arufin Sudibyo mengatakan kepada LK bahwa lokasi gempa jika sesuai dengan titik koordinate tersebut masih di sekitar gempa ganda 5 Juli 2011 lalu dengan kekuatan 3,7 SR dan 3,9 SR.

Masing masing berepisentrum di utara Kebumen atau tepatnya di Komplek Cagar Alam Geologi Karangsambung. Hingga berita ini diturunkan warga Banjarnegara masih merasakan gempa susulan. Pukul 12:27 WIB terjadi gempa susulan berkekuatan 3,4 SR. Kalian warga sekitar Kecamatan Sadang dan sekitarnya terasa? Laporkan! (Andrian /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s