Festival Layang Layang-layang Bakal Dihidupkan Kembali

festival layang

KEBUMEN – Festival layang layang kelas internasional yang sempat menjadi kebanggaan wisata di Kebumen beberapa tahun silam bakal kembali dihidupkan. Pasalnya, event tersebut dapat menjadi magnet untuk menyedot pengunjung dari berbagai daerah, bahkan turis mancanegara berkunjung ke Kebumen.

Penjabat Bupati Kebumen M Arief Irwanto, mengatakan agenda festival layang layang tersebut merupakan salah satu event internasional yang digagas Pemkab Kebumen. Nantinya akan digelar rutin satu tahun sekali.

“Jadi akan kita bikin even budaya, mulai dari even lokal, tingkat Jawa Tengah, hingga skala internasional. Yang penting ini untuk mendatangkan orang datang ke Kebumen dulu,” kata M Arief Irwanto, kepada Kebumen Ekspres, belum lama ini.

Mulai tahun depan, kata Arief Irwanto, Pemkab Kebumen bakal memliki agenda budaya yang digelar rutin sepanjang tahun. Pihaknya, telah memetakan 14 kegiatan yang berpotensi dapat menarik wisatawan.

“Ya, mulai Januari (2016), kita pasang kalender 14 even Kebumen yang akan dipatenkan setiap bulan. Yang akan berjalan selama satu tahun penuh,” ujarnya.

Berbagai kesenian tradisional yang berkembang di Kebumen akan dlibatkan, seperti jamjaneng, mentiet, tari cepetan dan seni tradisional lainnya. “Itu nanti tidak dipusatkan di Alun-alun Kebumen saja, tapi dibagi per wilayah kecamatan. Kita sebar di pantai-pantai, atau di obyek wisata lainnya, beber Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah ini.

Untuk even nasional, akan digelar funbike khusus sepeda tua, juga digagas ”De Tour Kebumen” dalam skala besar. “Kita gagas yang besar, wilayah Barlingmascakeb, tapi starnya dari Kebumen. Bisa colour running, bisa kita lakukan. Termasuk ada diving di pantai selatan, ada snorkeling, ada sail di selatan menantang sekali,” imbuhnya.

Sebagai uji coba, pihaknya akan dimulai pada November-Desember ini, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kebumen. “Nanti ada karnaval, ada fashionshow tapi fashionnya yang Kebumen punya. Kalau itu bisa dilakukan full orang akan selalu berkunjung ke Kebumen. Sehingga pertumbuhan ekonomi kita akan tercapai lebih dari 7 persen,” tandasnya. (ori/ kebumeneskpres.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s