Aktivis Lingkungan Tolak Kerjasama Usaha Tambak

tambak

KEBUMEN – Beberapa aktivis lingkungan Kebumen yang kerap terlibat aktifitas konservasi dan rehabilitasi lingkungan di kabupaten ini ternyata pernah didatangi oleh sejumlah pelaku usaha tambak udang di pesisir Kebumen untuk diajak bekerjasama menjalankan usaha tambak.

Kendati tawaran itu cukup menggiurkan, para aktivis tetap teguh berpegang pada idealisme untuk menjaga lingkungan dari kerusakan akibat usaha itu dengan menolak tawaran itu.

Ketua Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Sunaryo mengapresiasi penghargaan atas keteguhan prinsip yang masih dipegang oleh sebagian aktifis lingkungan di Kebumen tersebut. Menurutnya bertahan dengan prinsip positip di tengah gempuran tawaran materi yang menggiurkan adalah sikap yang sangat layak dihargai.

“Di tengah banyaknya protes terhadap tambak-tambak yang dibuat tak sesuai aturan dan merusak kawasan konservasi, aktifis yang pernah menolak tawaran kerjasama itu kini justru merasa lega atas sikap penolakannya itu,” ujar Sunaryo di Kebumen, Kamis (19/11/2015).

Sunaryo mengakui usaha tambak udang yang menghasilkan komoditas ekspor adalah sebuah usaha yang memiliki nilai keekonomian cukup menjanjikan. Agar tak merusak lingkungan seyogyanya dibuat dengan prinsip-prinsip ekologis atau ilmu lingkungan yang benar dan menaati aturan hukum yang berlaku.

Salah satu contoh buruk pembuatan tambak secara massal tanpa pengendalian ekologis dan azas legalitas yang berlaku menurut Sunaryo terjadi di Pantai Tegalretno Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan Kebumen. Keindahan areal pantai beserta lagunanya, kini tak terlihat lagi.

Hanya ada puluhan tambak dan aneka sampah yang mengotori kawasan ini. “Hilangnya sebuah keasrian dan kearifan lingkungan di pantai itu tentu sangat mengecewakan insan-insan yang peduli lingkungan,” ujar Sunaryo. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s