Limbah Plastik ini Disulap jadi Aksesori Akuarium

limbah plastik1

KEBUMEN – Enam jenis limbah yaitu limbah tas kresek, karung plastik, tali rafia, aneka tas dan wadah plastik, kertas koran dan gabus, oleh Sumedi, warga Desa Karangsari Kecamatan/ Kabupaten Kebumen bisa dirangkum menjadi satu untuk diolah menjadi aneka produk asesoris atau pelengkap taman dan akuarium.

Karya seni berbahan baku enam jenis limbah itu ternyata diterima positip oleh para pemilik usaha pembuatan taman dan pecinta akuarium di berbagai daerah. Tak heran, sejak dimulai sekitar 15 tahun lalu usaha yang berangkat dari hobi membuat barang kerajinan itu kini telah berkembang menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.

“Pelanggan tetap saya ada 4 pedagang aneka kebutuhan pelengkap taman dan akuarium di Solo, Purworejo, Banjarnegara dan Yogyakarta. Sedangkan permintaan dari kota-kota lain sulit dipenuhi karena produk ini diolah dengan rasa seni dan secara manual, sehingga kapasitas produksinya terbatas. Namun kadang-kadang pedagang yang ditolak pesanannya nekat kemari untuk membeli sebagian stok barang yang ada,” ungkap Sumedi, di rumahnya, Minggu (15/11/2015).

Menurut Sumedi cara pembuatan produknya adalah dengan cara membakar limbah plastik dengan api lampu minyak tanah atau ‘sentir’ sambil dibentuk sesuai keinginan. sedangkan limbah kertas koran dan gabus dihancurkan terlebih dahulu sebelum dibentuk dan diluarnya dilapisi lelehan limbah plastik yang baru dibakar. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumenĀ©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s