Puluhan Surat Suara Pilbup Kebumen Rusak

surat suara rusak

KEBUMEN – Di dalam surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati yang telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu, terdapat puluhan lembar surat suara ditemukan rusak.

Bahkan, ditemukan surat suara yang telah tercoblos pada gambar pasangan calon nomor urut 2, Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz. Puluhan surat rusak tersebut ditemukan saat KPU Kebumen melakukan penyortiran dan pelipatan sejak Senin (9/11).

Surat suara yang rusak umumnya ialah karena sobek dan terkena bercak tinta, kusam, gambar membayang, gambar terpotong serta ada yang telah tercoblos. Jumlah surat suara rusak yang ditemukan mencapai 62 lembar, termasuk beberapa surat suara sudah dalam keadaan tercoblos.

“Pada pelipatan hari pertama ditemukan 26 lembar dan hari kedua 36 surat suara rusak,” kata Kepala Sub Bagian Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Kebumen, Handoyo, di gudang logistik KPU Jalan Cendrawasih Kelurahan Tamanwinangun, Kecamatan Kebumen, Rabu (11/11).

Surat suara yang rusak selanjutnya dipisahkan dari surat suara yang tidak rusak dan dibuatkan berita acara. Surat suara rusak itu nantinya akan dikirimkan KPU ke percetakan untuk mendapat penggantian surat suara.

“Untuk kerusakan itu ada lubang mungkin proses mesin di sana atau proses pemotongan surat suara itu sendiri. Kalau nanti pada akhir pelipatan dan sortir sudah selesai belum mencukupi baru kita minta gantinya ke percetakan,” terangnya.

Ia menegaskan, surat suara yang sudah tercoblos itu bukan karena disengaja. “Tapi kami menerima sudah seperti itu dari percetakannya,” tegas Handoyo.

Hingga kemarin penyortiran dan pelipatan, tercatat sebanyak 315.000 lembar surat suara telah dilipat dan disortir. KPU Kebumen sendiri menargetkan dalam satu hari minimal 100.000 lembar selesai disortir dan dilipat.

“Sudah ada sepuluh kecamatan yang melakukan sortir dan pelipatan. Tapi yang sudah selesai secara keseluruhan ada tiga kecamatan, yaitu Kebumen, Ambal dan Poncowarno,” imbuhnya.

Adapun jumlah surat suara yang dilpiat itu sebanyak 1.104.685 surat suara. Jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2,5 persen dari jumlah pemilih tetap, yaitu 1.076.596 pemilih.

Sementara itu, Pilbup Kebumen yang akan digelar pada 9 Desmber mendatang diikuti oleh tigas pasangan calon. Yaitu pasangan nomor urut 1 Khayub Mohamad Lutfi-Akhmad Bakhrun, pasangan nomor urut 2 Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz, serta pasangan nomor urut 3 Bambang Widodo-Sunarto. (ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s