Musim Hujan, Pengiriman Logistik Pilkada Prioritaskan Daerah Terpencil

logistik pilkada

KEBUMEN – Kotak pemungutan suara untuk Pilkada kabupaten Kebumen 9 Desember mendatan telah selesai di rakit. Sementara itu, Pilapatan sekaligus sortir surat suara saat ini masih dalam proses digudang KPU Kabupaten Kebumen. Pilapatan dan sortir surat suara ditargetkan selesai 20 November 2015.

“Hingga saat ini pelipatan surat suara sudah mencapai 700 ribu lembar lebih dan ada sekitar 630 surat suara ditemukan rusak atau tidak memenuhi syarat. Ada yang sobek, kena tinta, pencetakan tidak jelas dan warananya kabur,” kata Ketua KPU Kabupaten Kebumen Paulus Widiyantoro, Sabtu (14/11/2015)

Setelah selesai pelipatan surat suara, pihaknya akan segera di merekap, dan surat suara yang tidak memenuhi syarat akan segera dimintakan penggantinya ke percetakan. Berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen jumlahnya sebanyak 1.076.596 pemilih.

Dari jumlah itu, diketahui ada 541.450 pemilih laki-laki dan 535.146 pemilih perempuan. Paulus optimis, sortir dan pilipatan surat suara yang melibatkan 100 pekerja itu akan selesai sebelum tanggal 20 November mendatang.

“DPTnya kan 1.076.596 pemilih dan sekarang pelipatan sudah sekitar 75% maka kami optimis selesai sebelum waktu yang kami jadwalkan,” ungkap Paulus.

Sedangkan logistik seperti formulir, tinta dan lainya, KPU Kebumen masih menunggu pengiriman dari rekanan. Harapannya logistik datang sebelum 20 November ini sehingga bisa dilakukan packing dan dimasukkan ke kotak suara untuk siap didistribusikan.

“Kami tak mau ambil resiko karena ini musim hujan. Seluruh berkas baik surat suara , formulir dan surat surat lainnya kami peking dan di masukan ke dalam plastik, baru dimasukan ke kotak suara . Distribusi logistik, kami mempriorotaskan daerah terjauh. Paling jauh 60 km dari kantor KPU namun masih bisa di jangkau dengan kendaraan.” kata Paulus. (spj/ RRI /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s