Antisipasi Politik Uang, Panwas Buat Film Dokumenter

stop money politik

KEBUMEN – Indikasi adanya politik uang dalam pelaksanaan Pilbup 9 Desember telah diantisipasi Panwas Kebumen. Lembaga pengawasan Pilkada itu telah membuat film dokumenter yang siap ditonton masyarakat.

Selain itu, menyediakan stiker anti money politic sebanyak tiga ribu lembar siap disebar ke berbagai penjuru di kabupaten berslogan Beriman ini.

Hal itu ditandaskan Ketua Panwas Kebumen Suratno di sela-sela memimpin bimbingan teknis (Bintek) di Hotel Candisari Karanganyar, Kebumen, kemarin. Menurutnya, film berdurasi satu jam itu juga memuat anti golput, pemaksaan kehendak, antiketidaknetralan PNS.

“Film dokumenter tersebut dibuat Panwas dengan melibatkan personel Panwas dan masyarakat,” kata Suratno.

Lokasi pengambilan gambar berada di Puring, kantor Panwas serta Karanganyar. Pengambilan gambar dari tiga tempat tersebut sebagai gambaran kondisi yang ada di Kebumen dengan dialek yang kental bahasa lokal.

Panwas membutuhkan waktu selama empat hari untuk membuat film yang sarat dengan pendidikan politik tersebut. Rencananya film dokumenter itu akan diputar pada saat sosialisasi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Minggu-Selasa (15-17/11) serta debat calon bupati dan wakil bupati pada Rabu (18/11).

Pidana Umum

Selain itu juga ditayangkan di televisi milik Pemkab, Ratih TV. Pihaknya juga membuat versi audio untuk disiarkan lewat radio. Suratno yang didampingi Anggota Panwas Kebumen Arif Supriyanto mengemukakan, pembuatan film dokumenter tersebut terinspirasi atas maraknya indikasi politik uang dalam setiap pelaksanaan Pemilu.

Untuk itu, dalam Pilbup Kebumen kali ini pun diantisipasi Panwas lewat media film. Diharapkan melalui media tersebut masyarakat menyadari dampak ditimbulkan politik uang dan menghindarinya.

“Politik uang selain menciderai demokrasi juga masuk pelanggaran pidana pemilu,” imbuh Suratno sembari mengimbau masyarakat memilih pemimpin yang bersih melalui proses yang bersih pula. (K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s