Memprihatinkan, Pasar Unggas Tamanharjo Segera Dipugar

pasar tamanharjo

KEBUMEN – Pasar Unggas Tamanharjo di Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan/Kabupaten Kebumen kondisinya kini memprihatinkan. Minimnya fasilitas bagi para pedagangnya telah mendorong Pemkab Kebumen merencanakan segera memugarnya menjadi pasar unggas yang representatif.

“Aspirasi pedagang yang mengeluhkan tak nyamannya berjualan unggas di musim kemarau maupun penghujan sudah kami tampung dan persiapan pembangunannya kini sudah sampai tahap perencanaan teknis,” ujar Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Kebumen, Drs Sigit Basuki, di ruang kerjanya, Rabu (11/11/2015).

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Unggas Tanmanharjo, Sugito, mengungkapkan bahwa sebagai sebuah pasar unggas kondisi fisik pasar kini sudah tak layak lagi. Di bagian dalam pasar tersebut hanya ada beberapa los tanpa dinding yang hanya bisa digunakan oleh beberapa pedagang saja.

Sedangkan puluhan pedagang lain hanya bisa berjualan aneka unggas di pelataran pasar. Mereka pun mengeluhkan tak adanya tempat berteduh dari terpaan panas matahari maupun guyuran hujan saat berjualan.

“Dulu saat masih ada pohon gayam besar di sini, pedagang merasa nyaman sebab pohon tersebut bisa meneduhkan lokasi berjualan dari teriknya matahari. Namun setelah pohon tersebut tumbang dua tahun lalu, di musim kemarau pedagang benar-benar tersiksa berjualan di pelataran pasar,” ujar Sugito.

Untuk menghindari teriknya panas matahari saat berjualan, sebagian besar pedagang hanya bertahan berjualan di pelataran pasar sampai pukul 09.00 saja. Setelah itu mereka pindah ke tempat parkir yang berada di halaman depan pasar yang teduh karena ditumbuhi banyak pohon tinggi.

“Runyamnya kalau memasuki musim penghujan begini, pedagang yang berjualan di halaman parkir pun sulit menghindari guyuran hujan,” ujar Sugito. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s