Gempa Jogja Dirasakan Lebih Kuat Daripada Gempa Kebumen 2014

gempa2

PURING – Warga Kabupaten Kebumen berhamburan keluar rumah karena dikagetkan dengan gempa bumi, Rabu (11/11) petang. Gempa yang terjadi memang cukup mengagetkan. Gempa tersebut berkekuatan 5,6 SR terjadi pada pukul 18.45 WIB berpusat di 120 kilometer barat daya Bantul dengan kedalaman 93 kilometer. Di Kabupaten Kebumen gempa dirasakan kuat selama 5 detik.

Ami (33) warga Kecamatan Puring mengatakan gempa kali ini lebih keras namun durasinya lebih singkat daripada gempa Kebumen 6,2 SR yang terjadi pada 25 Januari 2014 lalu. “Kalau dulu pas di Kebumen itu saya rasa goyangnya lama, beda dengan yang ini. Kali ini bikin kaget dan panik,” katanya dihubungi Lintas Kebumen.

Di Kecamatan Puring sebagian besar warga berhamburan keluar rumah. “Gempa kuat dirasakan di Puring. Semua orang keluar rumah dan berteriak Lindu (gempa) agar warga cepat keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” kata wulan (21) mahasiswi POLDA yang tengah berada di Desa Tukinggedong Kecamatan Puring.

Berdasarkan intensitas gempa dirasakan di IV MMI (Bantul, Yogyakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo), III MMI (Cilacap, Temanggung),dan II MMI (Bandung). Dengan intensitas gempa dirasakan IV MMI ke bawah maka diperkirakan tidak banyak bangunan yang mengalami kerusakan berat. (Rini /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s