Gempa Jogja 5,6 SR Terasa Kuat di Kebumen, Warga Berhamburan

gempa jogja

KEBUMEN – Gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, Rabu (11/11/2015). Gempa tersebut terasa kuat di Kabupaten Kebumen. Warga pun langsung berhamburan ke luar rumah.

Berdasarkan keterangan di akun resmi Twitter milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 120 km di barat daya Bantul, Yogyakarta. Episentrum gempa berada di kedalaman 93 kilometer. Gempa yang terjadi pada pukul 18.45 WIB ini berlangsung sekitar lima detik.

Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS mencatat gempa tersebut berkekuatan hingga 5,9 SR dengan kedalaman 95 Km. Tatia (25) warga Kecamatan Alian mengatakan gempa terasa kuat dengan durasi beberapa detik.

“Semua orang berhamburan keluar rumah. Galon air mineral goyang cukup kuat. Saya langsung mengambil anak saya yang masih bayi keluar rumah,” katanya, Rabu (11/11).

Sementara akun @aguswinarto0178 melalui twitter melaporkan kepada Lintas Kebumen bahwa di wilayah pesisir Kecamatan Ambal gempa dirasakan dua kali. Menurutnya gempa kedua dirasakan lebih besar dari yang pertama.

Gempa juga dirasakan kuat di Kecamatan Puring. Sebagian besar warga berhamburan keluar rumah. “Gempa kuat dirasakan di Puring. Semua orang keluar rumah dan berteriak ”Lindu… lindu” agar warga cepat keluar rumah untuk menyelamatkan diri, ” kata wulan (21) mahasiswi POLDA yang tengah berada di Kecamatan Puring. (Rini /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s