Petanahan Masuk Enam Besar Kecamatan Sayang Ibu dan Bayi

ibu dan anak

PETANAHAN – Petanahan masuk enam besar kecamatan sayang ibu dan bayi. Kamis (5/11) dinilai oleh Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3KB) Provinsi Jawa Tengah.

Selain di kantor kecamatan Petanahan, tim yang diketuai Kabid Pemberdayaan Perempuan pada BP3KB Provinsi Jawa Tengah Rani Ratnaningdyah itu juga mendatangi Desa Grujugan yang dijadikan pioner program tersebut.

Kedatangan Tim Monev Provinsi Jateng itu disambut Asisten III Sekda Dyah Woro Palupi, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kebumen Maskhemi serta Kabid Paudni pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Farita Adi Pandoyo dan Kabid Pemberdayaan Perempuan pada BPPKB Kebumen Ika Kusuma.

Dyah Woro Palupi yang membacakan sambutan Pj Bupati Kebumen Arief Irwanto mengemukakan, kematian ibu dapat menimbulkan masalah cukup kompleks karena pengaruhnya tidak hanya pada keluarga tetapi hingga lingkungan sekitar dan masyarakat.

Terlebih wanita menjadi pilar keluarga dan kunci perkembangan pendidikan anak, kesehatan serta perekonomian keluarga. “Untuk itu kami sangat mengapresiasi program Gerakan Sayang Ibu dan Bayi (GSIB),’’katanya.

Di kabupaten berslogan Beriman ini terdapat satu kematian ibu hamil dan satu kematian ibu nifas pada 2015. Pemkab pun mengambil kebijakan untuk menempatkan bidan desa dan bertempat tinggal di desa setempat. Adapun pelayanan di 35 puskesmas di Kebumen, 10 di antaranya rawat inap dan 25 rawat jalan terus ditingkatkan.

Camat Petanahan Ram Punjabi memaparkan tentang implementasi program GSIB di wilayah yang dipimpinya. Gerakan tersebut dimulai dari pendataan ibu hamil, penyediaan pondok peduli ibu dan bayi serta komitmen dari stakeholder untuk mengupayakan penurunan angka kematian ibu dan bayi.

’’Kami juga melakukan pemantauan, membuka hotlinegawat darurat hingga membentuk Satgas GSIB yang dituangkan dalam SK camat dan kades,’’jelasnya. (K5-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s