Menengok Curug Kedungwuni di Perbukitan Bulupitu

KEBUMEN – Tak perlu jauh menuju pelosok perbukitan Kebumen untuk bisa menikmati air terjun atau curug. Pasalnya tak jauh dari pusat Kota Kebumen terdapat sebuah curug yang patut dikunjungi, yakni Curug Kedungwuni.

Curug Kedungwuni terletak di Desa Rawareja Kecamatan/Kabupaten Kebumen. Tepatnya di perbatasan Desa Rawareja di Kecamatan Kebumen dengan Desa Jatipurus Kecamatan Poncowarno. Curug  Kedungwuni memiliki ketinggian sekiara 11 meter dan berada di barat Bukit Butak, salah satu puncak di perbukitan Bulupitu.

Curug yang berada di aliran Sungai Kedungmati ini memang berhulu di perbukitan Bulupitu sehingga suasananya masih cukup asri dan sangat alami. Curug Kedungwuni merupakan curug musiman yang hanya dijumpai saat musim penhujan seperti saat ini. Curug Kedungwuni memiliki lebar yang hamper sama dengan tingginya sehingga nampak melebar dengan dinding batu pasir.

Dinding curug yang nampak beruas-ruas teraliri perbukitan air akan menambah keindahan Curug Kedungwuni. Debit air Curug Kedungwuni atau yang juga dikenal dengan nama Curug Kedunglumpang ini tidak terlalu besar karena tidak memiliki daerah tangkapan air yang luas. Dibawahnya terdapat kolam kecil untuk sekedar duduk serta merendamkan kaki.

Rute yang ditempuh adalah dari Kota Kebumen menuju ke arah timur atau pertigaan Pasar Sruni di Kecamatan Alian kemudian belok ke kanan hingga melewati SDN 2 Tanahsari. Selepasnya akan ada pertigaan dan beloklah ke kiri menuju Dusun Pesantren. Rute lain bisa dari jalan nasional Wonosari (Kedungbener) yakni dari Kota Kebumen kearah timur/ Yogyakarta/ Purworejo. Selepas pertigaan Kedungbener akan ditemui pertigaan Surupan di kiri jalan. Beloklah ke kiri  dan ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Desa Rawareja.

Curug Kedungwuni berjarak 2 kilometer dari jalan raya Sruni – Wonosari dan 1 kilometer dari Dusun Pesantren Desa Rawareja Kecamatan Kebumen. Jalan menuju lokasi cukup baik dengan roda dua melalui ruas jalan yang menghubungkan Dusun Pesatren dengan Dusun Sikebo. Namun untuk keamanan kendaraan sebaiknya dititipkan di rumah warga Dusun Pesantren. Perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sejauh 900 meter ke timur dengan melntasi persawahan dan hutan. (Rini/ LintasKebumen©2015)

Titik koordinate sekitar: (Klik) https://www.google.com/maps/place/7%C2%B041’10.1%22S+109%C2%B043’10.3%22E/@-7.686133,109.7173453,17z/data=!3m1!4b1!4m2!3m1!1s0x0:0x0!5m1!1e4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s