Hujan Deras Guyur Kebumen Utara Pasca Kemarau Panjang

musim hujan ilustrasi

KEBUMEN – Hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Kebumen bagian utara, Kamis (5/11/2015) pagi. Hujan deras yang disertai petir tersebut disambut gembira warga. Pasalnya kemarau panjang sejak Mei lalu telah menyebabkan kekeringan parah dan sumber air warga hilang di Kabupaten Kebumen.

”Alian hujan mulai sekitar jam tiga pagi dan lumayan deras. Sekarang hanya gerimis,” kata Tati (25) warga Kalirancang Kecamatan Alian Kebumen, Kamis (5/11).

Sesuai prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG Cilacap sebelumnya bahwa wilayah Kebumen tengah masuki masa pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan pada dasarian kedua Bulan November ini.

Memasuki musim pancaroba, bahaya angin kencang dan petir yang mulai mengancam harus diwaspadai. Kejadian tersebut biasanya terjadi pada siang hari. Pada pagi hari panas terlalu terik dan awan berkumpul menjadi awan cumulonimbus (CB). Awan ini berwarna hitam pekat yang dapat menghasilkan petir.

Sementara itu curah hujan di Kabupaten Kebumen pada bulan November menunjukan peningkatan terutama di wilayah sekitar Kecamatan Sadang, Karanggayam, Sempor, Rowokele, Gombong, Kuwarasan, Buayan Utara, dan sebagian Karanganyar dan Adimulyo. (Rini /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s