Petambak Udang di Kebumen Sepakat Ditertibkan

rakor petambak udang

KEBUMEN – Petambak udang di pesisir pantai selatan Kebumen sepakat untuk ditertibkan. Mereka tergabung dalam satu kelompok itu pun sanggup mengurus perizinannya serta mengikuti aturan yang ada.

Termasuk tambak yang saat ini beroperasi di daerah terlarang seperti sempadan pantai pun akan dipindah ke lokasi yang aman. Kendati demikian, petambak meminta diberi waktu untuk mengurusnya.

Hal itu mengemuka saat audiensi tambak udang di ruang rapat pimpinan DPRD, Senin (2/11). Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum itu dihadiri lintas komisi. Hadir Ketua Komisi A Yudhy Tri Hartanto, Ketua Komisi B DPRD Sudarmaji, Ketua Komisi D Joko Budi sulistyanto serta anggota masing-masing komisi tersebut.

Dari eksekutif hadir Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (PMPPT) Kebumen Aden Andri Susilo, Bappeda Joni Hermawan, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kebumen Djoenedi Fatchurrahman, dan perwakilan dari KLH Siti Durohtul Yatimah, serta dari Dinas Kelutan dan Perikanan Budi K.

Tidak Persulit

Ada sekitar 15 petambak mengikuti audiensi tersebut. Dalyono, salah satu petambak meminta pihak terkait memahami kondisi yang ada saat ini. ”Karena ini bisa terjadi atas ketidaktahuan kami,” jelasnya.

Joko Budi Sulistyanto meminta dinas terkait menertibkan sekaligus menyoalisasikan dan melakukan pembinaan, baik dari proses perizinan, tata ruang hingga proses pengelolaan limbah serta pembudidayaannya. Sehingga petambak mendapat informasi yang benar. Pihak terkait juga diminta tak mempersulit petambak sepanjang tidak melanggar aturan.

”Dan bagi petambak diimbau patuh terhadap segala ketentuan yang ada demi menjamin keamanan dan kenyamanan bersama,” jelas politisi Partai Demokrat ini. Sudarmaji meminta pembudidayaan tambak udang tersebut dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Bagiamanapun ini potensi harus dikembangkan,” kata Sudarmaji sembari menambahkan asal sesuai aturan. Sementara Aden Andri Susilo mengapresiasi respons dari petambak yang sanggup mematuhi aturan yang ada dalam menjalankan usahanya tersebut. (K5- 52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s