Garis Pantai Selatan di Kebumen, Potensial untuk Wisata Baru

Pantai Pasir, Pasir, Ayah, Kebumen, Jawa tengah.

Pantai Pasir, Pasir, Ayah, Kebumen, Jawa tengah.

KEBUMEN – Garis Pantai Selatan yang membentang di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah masih sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata pantai. Beberapa pantai baru yang mempunyai panorama alam indah dibuka masyarakat bekerja sama dengan Perum Perhutani.

Pantai potensial yang dibuka misalnya, Pantai Pasir, Pantai Pecaron, Pantai Meganti, dan pantai lainnya. “Ada empat titik yang sudah diajukan. Semuanya berkaitan dengan pantai. Potensinya luar biasa,” kata Suhartoyo, Asper Kepala Kelompok Pemangku Hutan wilayah Kedu Selatan, Jumat (30/10/2015).

Setelah masyarakat mengajukan proposal pembukaan wisata pantai, pihak Perhutani lantas mengkajinya. Jika memang layak dikembangkan, maka akan dibangun bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Pemangku Hutan (LPMH).

Desa yang mempunyai potensi wisata bagus juga bisa diberi kewenangan mengurus wisata. Menurut Hartoyo, wilayah yang berada di dalam lahan konsesi bisa dikerjasamakan untuk tujuan wisata. “Kalau buat jalan bisa, semua ada teknisnya. Tapi, semua masih pada proposal,” tambahnya.

Anggota Perhutani lainnya, Hanafi menambahkan, hingga akhir bulan November 2015 beberapa pantai baru yang dibuka di atas lahan konsesi Perhutani sudah menghasilkan laba. Ia memprediksi pemasukan bersih hingga akhir tahun mencapai Rp 2 Miliar.

“Sekarang tiket saja sudah 1.06 miliar. Nanti akhir bisa tahun 2 M. Pembangiannya nanti Perhutani 30 persene, sisanya LMDH 70 persen,” tambah Hanafi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan warga yang ingin membuka lahan wisata baru untuk bekerja bersama-sama. Pihaknya juga menyarankan untuk proaktif bekerja sama dengan dinas pariwisata serta instansi lainnya.

“Kalau Anda punya wilayah bagus, tapi nggak punya uang, ya gerak. Jangan duduk. Undang investor, jangan dipikir sendiri. Harus dikerjakan bersama-sama,” sarannya. (Nazar Nurdin/ Kompas.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s