Dandim: Hari Pencoblosan, TNI Dilarang Masuk TPS

rakor kodim

KARANGANYAR – Kodim 0709 Kebumen membatasi anggotanya terlibat pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2015.

Bahkan pada hari pemungutan suara 9 Desember 2015 anggota TNI AD dilarang masuk ke dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Tidak ada anggota (TNI) yang mendekati TPS, apalagi masuk ke dalam TPS. Sehingga tidak mengganggu proses Pilkada.

Tapi, setiap Babinsa bersiap dengan radius sekitar 100 meter,” ujar Komandan Kodim 0709 Kebumen, Letkol Inf Putra Widyawinaya, saat menjadi narasumber pada rapat koordinasi (Rakor) evaluasi keamanan dan ketertiban Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) se- Kebumen, menjelang Pilbup Kebumen di Hotel Candisari Karanganyar, baru-baru ini.

TNI AD lanjut, Dandim siap mendukung pengamanan polisi dan pemerintah daerah jika diperlukan. Dia menjamin, anggota TNI dalam Pilbup Kebumen benar-benar netral. Dalam rakor yang dimoderatori Sekda Adi Pandoyo itu, hadir narasumber Penjabat Bupati Kebumen M Arief Irwanto dan Kapolres Kebumen AKBP Faizal.

Rakor diikuti para Camat, Danramil, dan Kapolsek se-Kebumen. Tampak Ketua DPRD Cipto Waluyo, Ketua KPU Paulus Widyantoro, Ketua Panwaslu Kebumen Suratno, dan kepala SKPD terkait. Kapolres Kebumen AKBP Faizal memaparkan potensi dan ancaman keamanan disemua tahapan pilkada.

Pihaknya menyatakan siap untuk melakukan pengamanan dan mempertanggungjawabkan keuangan negara untuk biaya pengamanan Pilkada. “Karena yang digunakan adalah dana negara maka kami siap mempertanggungjawabkannya, dan juga siap diaudit,” tegasnya.

Kapolres juga menyatakan kesiapannya saling tukar informasi, untuk antisipasi dan pencegahan dini. Tak hanya itu, AKBP Faizal berjanji untuk melakukan pengamanan kepada penyelenggara, Satpol PP dan khususnya Panwas, apabila terjadi ancaman keamanan, intimidasi ataupun teror.

Penjabat Bupati Kebumen M Arief Irwanto mengatakan, keberhasilan Pilkada serentak kali ini akan menjadi barometer untuk melaksanakan tahapan Pilkada berikutnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Nurtaqwa Setyabudi dalam laporannya, rakor tersebut untuk memastikan kesiapan semua komponen stakeholder di Kebumen, menjelang pelaksanaan Pilbup Kebumen. (J19-78/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s