117 Penyandang Cacat Dapat Bantuan

Difabel Disnaker

KEBUMEN – Penyandang cacat di Kabupaten Kebumen mendapat bantuan dari Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kebumen, baru-baru ini. Bantuan tersebut diserahkan kepada 117 penyandang cacat atau disabilitas berupa alat bantu dengar, kursi roda, tongkat putih, krek, dan etalase untuk kegiatan usaha.

Sebelum penyerahan alat-alat tersebut para penerima menerima bimbingan teknis terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan alat tersebut dengan baik. Kegiatan bimbingan teknis itu dibuka secara resmi oleh Kepala Disnakertransos Kebumen, Dwi Suliyanto. Adapun materi pokok dalam bimbingan teknis itu yakni menjahit.

Para penerima manfaat itu sebelumnya pernah mendapatkan mesin jahit. ‘’Mudah-mudahan para penyandang disabilitas di Kebumen yang juga dari keluarga kurang mampu ini dapat meningkatkan kesejahteraan dirinya serta kesejahteraan keluarganya,” kata Suliyanto.

Ditindaklanjuti

Ditambahkan Kabid Sosial pada Disnakertransos Kebumen Muh Rosyid, sampai saat ini Disnakertransos masih menyimpan data disabilitas yang membutuhkan alat bantu. Mereka belum mendapatkan bantuan.

Pihaknya berharap bagi yang belum menerima agar bersabar karena pada tahun 2016 mendatang Disnakertransos akan mengalokasikan anggaran kembali untuk pengadaan alat bantu bagi disabilitas yang jumlahnya lebih dari 100 ribu orang.

Lebih lanjut, pihaknya juga membutuhkan peran serta masyarakat apabila di sekitar tempat tinggalnya masih dijumpai warga yang mengalami kecacatan atau disabilitas dan berdomisili di wilayah Kebumen.

Mereka yang membutuhkan bantuan tersebut bisa segera diusulkan alat bantu kepada Disnakertransos Kebumen. Usulan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti secepatnya. (K5-78/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s