Warga Kebumen Tagih Janji Semen Gombong

ganjar srati

AYAH – Warga Kebumen yang tinggal di Desa Sikayu, Kecamatan Buayan, menagih janji PT Semen Gombong melalui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat ngopi bareng warga di desa Srati, yang juga dihadiri kepala Desa Sikayu Supriyatin dan Camat Buayan Sutoyo, Kamis malam (29/10/2015).

Warga di depan Gubernur Jawa Tengah mengatakan jika telah menjadi korban penipuan oleh pemilik PT Semen Gombong. Soalnya, ganti rugi sekitar Rp 7 miliar sudah belasan tahun belum dibayarkan.

Menurut Suprihatin, jumlah warganya yang terkena dampak pembangunan proyek penambangan Semen Gombong sebanyak 250 KK. Lahan milik warga seluas 32 hektare dengan berbagai jenis tanaman tegakan di atasnya, dikepras oleh PT Semen Gombong untuk membuka jalan menuju area eksplorasi Semen Gombong yang sudah dilakukan sejak 1969 lalu.

Menurut Suprihatin yang juga dibenarkan oleh warga yang ikut ngopi bareng Ganjar, PT Semen Gombong sudah puluhan tahun mengobral janji kepada warga Sikayu akan segera memberikan ganti rugi.

Anak perusahaan PT. Medco milik Arifin Panigoro itu menjanjikan akan memberikan ganti rugi untuk semua jenis tanaman yang tanahnya digunakan untuk membuka area eksplorasi. Namun hingga sekarang janji tersebut belum direalisasikan.

“Nilai ganti rugi sekitar Rp 7 miliaran untuk 250 KK. Jenis tanaman yang ditebang oleh Semen Gombong bermacam-macam, di antaranya jenis mranti, mahoni, mlinjo, sengon dan tanaman tegakan lainnya. Kami berharap Gubernur bisa membantu menagihkan janji tersebut agar segera dibayarkan,” tutur Suprihatin. (Bdi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s