SMA 1 Bebaskan Biaya Siswa Tidak Mampu

siswa belaajar

KEBUMEN – SMA 1 Kebumen membebaskan biaya 100 persen bagi siswa tidak mampu yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Jamkesmas. Selain itu membebaskan Iuran Dana Operasional Sekolah (IDOS) atau SPP bagi siswa yang mendapatkan ranking satu paralel.

Pembebasan biaya sekolah tersebut diserahkan pada momen peringatan Sumpah Pemuda di halaman SMA 1 Kebumen, Rabu (28/10). Dalam momen tersebut, sekolah yang dikepalai Agus Sunaryo MPd itu juga memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu.

Totalnya ada 228 siswa yang mendapat pembebasan biaya dan keringanan biaya sekolah. “Ini sebagai bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi dan memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu atau tidak mampu,” kata Agus usai menjadi pembina upacara peringatan Sumpah Pemuda, kemarin.

Kemampuan

Untuk sumbangan pengembangan institusi (SPI), bantuan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kemampuan orang tua siswa. Ada yang dibebaskan 100 persen, ada juga hanya membayar 20 persen, 44 persen, 50 persen, 52 persen, 66 persen dan 70 persen.

Sedangkan bagi yang mampu membayar 100 persen disesuaikan dengan kesepakatan pada rapat pleno. Menurut Agus, kebijakan tersebut diambil untuk merealisasi prinsip pembiayan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat.

Mengingat di masyarakat kita ada tiga kategori yakni mampu membayar biaya pendidikan sesuai kesepakatan sekolah dengan orang tua, kurang mampu dengan diberi keringanan pembayaran sesuai kesepakatan umum, dan tidak mampu dengan dibebaskan dari kewajiban pembayaran. (K5-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s